in ,

Bukan Dessert Manis, Google Ganti Konsep Nama Android

Selamat tinggal JellyBean, KitKat, Lollipop, Marsmallow, Nougat, dan Pie, dan Oreo~

nama Android
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Peluncuran sistem operasi Android terbaru selalu dinanti para penggunanya. Termasuk dalam peluncuran OS Android yang satu ini. Selain sistem perangkat terbaru, nama-nama Android yang diberikan Google sering kali menimbulkan rasa penasaran.

Selain Android Alpha dan Beta, seluruh nama Android menggunakan nama makanan penutup manis. Kode nama ini terus digunakan hingga Android Pie yang diluncurkan pada 2018 silam. Namun, peluncuran Android yang terbaru kali ini sedikit berbeda.

Kali ini, kode nama Android yang disematkan oleh Google seharusnya berawalan huruf ‘Q’. Alih-alih menggunakan nama makanan penutup manis seperti versi-versi terdahulunya, OS Android yang satu ini diberi nama Android 10 saja.

Sebenarnya, penomoran tipe Android merupakan cara penamaan Android yang sesungguhnya. Namun, Google membuat cara penamaan lain yang unik supaya lebih mudah diingat oleh penggunanya.

Tradisi memberikan nama panganan manis untuk penamaan Android ini sebelumnya sangat ditunggu-tunggu oleh para penggunanya. Beberapa Android unik ini terkenal dan masih akrab bagi penggunanya seperti Android Jellybean, KitKat, Lollipop, Marsmallow, hingga Nougat. Bahkan, beberapa tipe smartphone masih menggunakan sistem opreasi ini.

Lantas, apakah bergantinya konsep penamaan Android kembali ke versi semula ini ada hubungannya dengan tidak adanya makanan penutup manis yang berawalan huruf ‘Q’?

Ternyata, alasannya bukan karena hal tersebut. Google berhenti menamai sistem operasi mereka dengan nama makanan pencuci mulut karena telah menerima masukan dari banyak pihak. Pasalnya, nama yang digunakan tak bisa digunakan secara global.

Walaupun terdengar seru dan menyenangkan, dalam beberapa bahasa pelafalan L dan R terdengar mirip. Oleh karena itu, tidak banyak yang mengira bahwa versi Android Lollipop merupakan versi perbaruan dari Android KitKat. Walaupun menyenangkan, penamaan ini menyulitkan bagi beberapa pengguna baru.

Selain itu, jenis-jenis makanan yang digunakan pun ternyata tidak sepopuler yang dikira. Makanan-makanan seperti marshmallow dan pie bukanlah kuliner yang umum disantap di penjuru dunia. Sementara, Google berharap bahwa Android menjadi sistem operasi yang bisa dimengerti oleh semua kalangan.

Oleh karena itu, diharapkan versi terbaru, yakni Android 10 bisa mengawali langkah dari pembaruan yang dimaksud. Terlebih, tidak banyak makanan manis yang dimulai oleh huruf Q.

game android buatan Indonesia

5 Game Android Buatan Indonesia yang Harus Kamu Coba

Studio Lokananta

Ulik Ulang Lokananta, Studio Bersejarah di Surakarta