in

Bukan Kriminal, Ternyata Ini Gangguan Kleptomania

Jangan dulu judging, ya

gangguan kleptomania
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Pernahkah kamu memiliki teman yang gemar mengambil barang yang bukan miliknya? Pencurian bisa terjadi ketika seseorang mengambil suatu barang dan mengakui sebagai miliknya. Namun, tak selamanya pencurian dilakukan karena desakan ekonomi, lho. Terkadang, pelakunya justru menderita gangguan kleptomania.

gangguan kleptomania
Foto: freepik

Kleptomania merupakan gangguan kendali impulsif yang dialami oleh seseorang. Gejala kleptomania dapat ditandai dengan hasrat mengutil atau mencuri yang tinggi. Penderitanya tidak dapat menahan diri untuk melakukan hal tersebut.

Usia remaja merupakan waktu yang rawan bagi seseorang untuk terbentuknya kleptomania. Mereka biasanya akan mengambil barang yang ada di tempat umum. Tak menutup kemungkinan jika aksi tersebut juga dilakukan di rumah temannya.

Gejala yang dapat dirasakan oleh penderita adalah dorongan yang kuat untuk mencuri. Pencurian yang dilakukan pun sering kali bukan barang berharga, melainkan barang-barang sederhana yang kadang remeh.

Jika pencurian tersebut terjadi karena alasan ekonomi, tentu saja barang yang akan dipilih akan cukup berharga. Alih-alih mencuri alat elektronik ataupun barang berharga lainnya, para penderita kleptomania lebih suka mengutil pena, permen, sisir, dan sebagainya.

Penderita kleptomania akan merasa puas setelah mendapatkan barang tersebut. Anehnya, akan muncul rasa bersalah dalam diri yang menyelimuti perasaan. Selain itu, penderita juga akan merasa ketakutan akan ditangkap dan disangka kriminal.

Namun, aksi tersebut akan terjadi lagi. Penderita kleptomania yang tidak memiliki kemampuan menolak tindakan pencurian akan terus melakukannya. Dan tentu saja, barang yang diambil adalah barang-barang kurang berharga.

Karena barang yang diambil pun bukan barang berharga, jarang dari mereka yang akan menggunakan barang hasil curian tersebut. Mereka akan memberikannya kepada teman, keluarga, atau menyimpannya karena takut ketahuan.

Berbeda dengan pencurian dengan motif kriminal, kleptomania merupakan aksi seorang individu. Mereka cenderung spontan dan tanpa ada perencanaan saat mengambil sesuatu. Pencurian ini bukan terjadi karena delusi ataupun halusinasi. Bukan juga karena marah ataupun motif balas dendam.

Penderita kleptomania sering kali menyembunyikan hal ini dari lingkungannya. Akibatnya, banyak dari mereka yang tidak berkonsultasi ke psikolog. Jika kamu mendapati temanmu mengidap kleptomania, jangan langsung hakimi.

Beri pengertian kepadanya dan dampingi untuk berkonsultasi ke psikolog terdekat. Jangan kucilkan. Yuk, bantu dia mengobati.

 

cinta melalui musik dan olahraga

Temukan Cinta Melalui Musik dan Olahraga

menyimpan daun bawang

Begini Cara Simpan Daun Bawang, Dijamin Awet!