in

Bukan Makanan, Ini 9 Oleh-oleh Khas Jogja

Bosan terus-terusan bawa makanan? Coba berikan buah tangan benda ini.

Oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram ketutdana.silver

Ngobrolin.id — Bingung mencari oleh-oleh ketika berlibur ke Yogya? Kamu nggak harus melulu bawa bakpia atau gudeg, lho. Oleh-oleh khas Yogya juga ada yang bukan makanan, lho. Tak perlu khawatir atau takut basi, ini barang yang bisa kamu bawa pulang dari berkunjung ke kota budaya ini.

Batik Yogya

Oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram produsen_batik_kulonprogo

Sebagai kota budaya, Yogyakarta juga terkenal akan kerajinan batiknya. Di sepanjang Jalan Malioboro, kamu bisa menemukan batik khas Yogya dijual. Mulai dari pakaian formal, kain batik, hingga pakaian tidur dan daster. Harganya pun beragam, mulai dari harga mahasiswa hingga harga eksekutif muda.

Kerajinan perak

Oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram ketutdana.silver

Yogya, khususnya daerah Kota Gede, adalah salah satu sentra perak terbaik di Indonesia. Kerajinan perak di daerah ini sudah terkenal sejak zaman Kerajaan Mataram. Ada banyak lokasi pembuatan kerajinan ini, juga berbagai bentuk kerajinan perak. Kamu bisa menjumpai beragam perhiasan perak sampai hiasan dinding.

Gantungan kunci

Oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram cacamaritza23

Gantungan kunci adalah solusi jika kamu butuh oleh-oleh untuk banyak orang sekaligus. Kamu juga bisa membeli gantungan kunci ‘Yogya’ dengan harga miring di sepanjang Jalan Malioboro ataupun daerah wisata lainnya.

Sandal Yogya

Oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram joker.sendaljogja

Sandal bertuliskan ‘Yogya’ atau kata-kata yang ‘Yogya banget’ juga bisa dengan mudah kamu temui di tempat wisata. Oleh-oleh sandal biasa dicari untuk diberikan kepada kerabat.

Kaos Yogya

Oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram grosirkaosjogja

Sama seperti sandal, kaos ‘Yogya’ juga tak kalah diburu pelancong. Kadang, tulisan yang nyentrik dan kata-kata unik juga menambah kesan pelancong saat membeli kaos ini. Harganya pun beragam, tergantung jenis, ukuran, dan kreativitas tulisan pada kaos tersebut.

Gerabah kasongan

Oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram belajarmembuatgerabah

Oleh-oleh gerabah bisa kamu beli jika ingin membawa sesuatu yang unik. Adalah Kasongan, salah satu daerah di Kabupaten Bantul yang terkenal akan kerajinan gerabahnya. Beragam jenis gerabah bisa kamu jumpai di sini. Vas bunga, celengan, sampai asbak tersedia di sini.

Blangkon dan surjan

Oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram mugolaris

Dua benda ini banyak diburu karena merupakan pakaian khas Yogya. Baik blangkon maupun surjan juga banyak dijajakan di berbagai tempat wisata.

Kerajinan pantai

Oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram kerajinankerang_pasir

Berkunjung ke pantai dan ingin membawa oleh-oleh dari sana, kamu bisa membeli berbagai kerajinan. Mulai dari gantungan kunci, tirai, bingkai foto, dan pernak-pernik lainnya bisa kamu temukan. Kerajinan ini terbuat dari cangkang kerang hingga pasir pantai yang banyak terdapat di sepanjang pantai.

lagu Bondan Prakoso

Lagu Bondan Prakoso Terpopuler, Masih Ingat?

soundtrack film Indonesia

Soundtrack Film Indonesia Ini Jadi Legenda