in

Bukan Samudera, Ini 8 Laut Terluas di Dunia

Nenek moyangku seorang pelaut~

lautan terluas yang ada di dunia
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Lebih dari 70 persen bagian bumi merupakan perairan. Perairan tersebut berbentuk samudera, lautan, semenanjung, teluk, danau, dan banyak lagi. Selama ini, samudera dikenal sebagai wilayah air yang sangat luas. Tak sebesar samudera, ini 6 lautan terluas yang ada di dunia.

Laut Cina Selatan

Luas wilayah ini mencapai 3,5juta kilometer persegi. Laut ini sebenarnya masih merupakan bagian dari Samudera Pasifik. Beberapa negara yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan adalah Cina, Taiwan, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, Singapura, dan Vietnam. Di Indonesia sendiri, daerah yang bertemu langsung dengan Laut Cina Selatan adalah Kepulauan Bangka Belitung dan Kalimantan.

Laut Karibia

Posisi kedua laut terluas di dunia diduduki oleh Laut Karibia dengan luas 2,7juta kilometer persegi. Laut yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Caribbean Sea ini terletak di Samudera Atlantik. Beberapa negara yang berbatasan lansgung dengan Laut Karibia adalah Meksiko, Belize, Honduras, Guatemala, Kuba, Haiti, Jamaika, dan negara Karibia lainnya.

Laut Tengah

Berada di tengah-tengah Benua Asia, Eropa, dan Afrika membuat julukan Laut Tengah sangat pas untuk wilayah perairan ini. Sebenarnya, laut yang juga dikenal sebagai Laut Mediterania ini merupakan danau. Namun karena ukurannya sangat luas, yakni mencapai 2,5juta kilometer persegi, membuat Laut Tengah dinobatkan sebagi salah satu laut terluas ketiga di dunia.

Laut bering

Berlokasi di kawasan Samudera Pasifik, laut bering memiliki luasan hingga 2,3 juta kilometer persegi. Laut ini sendiri menjadi pemisah antara dua negara raksasa, yakni Rusia dan Amerika Serikat.

Laut Meksiko

Sama seperti namanya, Laut Meksiko terletak di dekat Meksiko. Laut ini sendiri menjadi pembatas antara negara nachos tersebut dan Amerika Serikat. Selain itu, Kuba juga berbatasan langsung dengan laut seluas 1,6 juta kilometer persegi ini. Nama lain dari wilayah perairan ini adalah Gulf of Mexico.

Laut Okhtsk

Di perairan Rusia, terdapat wilayah perairan yang sangat luas bernama Laut Okhtsk. Laut ini juga sebagai pembatas alami antara Rusia dan Jepang. Memiliki luasan hingga 1,4 juta kilometer persegi, laut ini bermuara ke Laut Jepang.

stadion sepak bola terbesar di dunia

8 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia

aneka permen jadul

Yuk, Nostalgia dengan Aneka Permen Jadul