in

Buku Berkebun Kopi Penebar Swadaya Raih Predikat Terbaik Pertama

Buku keren yang wajib dimiliki oleh kamu yang terjun di dunia kopi

Karya Pustaka 2020

Ngobrolin.idPerpustakaan Nasional menghelat Anugerah Buku Terbaik dalam ajang Penghargaan Karya Pustaka 2020 secara virtual pada Selasa (17/11). Dalam ajang tersebut, buku Berkebun Kopi Penebar Swadaya meraih predikat buku terbaik pertama kategori Kopi. Selain kategori Kopi, ada lima kategori lainnya seperti Kerajinan Tangan, Pelayanan Publik, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Arsitektur, dan Kewirausahaan.   

Dalam penilaian dan evaluasi buku Kategori Kopi melibatkan para pakar yang kompeten di bidangnya. Para pakar ini adalah Prof. Dr. Ir. Rubiyo, M.Si (Peneliti Ahli Utama Balitbang Kementerian Pertanian RI), Drs. Sriyanto, M.M., M.Pd (Peneliti Ahli Madya Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI), Dr. Guntoro, SP, M.Si (Lektor Kepala IPB Bogor), Dr. Ir. Ade Wachjar, M.S (Tenaga Ahli Bidang Budidaya Kopi IPB Bogor), dan Dra. Adriati, M.Hum (Pustakawan Ahli Utama).

Penilaian yang dilakukan meliputi materi tulisan, inovasi dan manfaat, penggunaan bahasa dan gaya penulisan, sistematika penulisan, serta perwajahan/layout, tata letak, ilustrasi, dan penjilidan.

Prof. Rubiyo menyebutkan bahwa penilaian buku dengan tema kopi memiliki topik yang beragam. Mulai dari sejarah hingga agribisnisnya yang dilengkapi dengan foto dan data-data menarik.

“Banyak topik yang dipilih dan diseleksi dari banyak buku tentang kopi. Mulai dari sejarah kopi, teknik budidaya kopi dan pengolahan hingga agribisnis kopi serta turunannya. Buku-buku tersebut kebanyakan telah dilengkapi dengan foto-foto dan berbagai data yang sangat menarik. Karena itu kami para juri harus membaca secara cermat setiap buku yang kami nilai sesuai tugas yang diamanahkan,”  jelas Prof. Rubiyo.

Pudji Rahardjo, sebagai penulis Berkebun Kopi, pernah aktif sebagai peneliti bidang agronomi kopi dan kakao di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Jember. Menurut lulusan Paskasarjana Universitas Gadjah Mada itu pengalamannya selama 30 tahun menggeluti kopi dicurahkan dalam bentuk karya penulisan Berkebun Kopi. Pudji berharap dengan keberadaan buku itu dapat menyebarluaskan ilmu dan pengetahuan tentang teknologi serta pengolahan kopi.

Penebar Swadaya, penerbit buku Berkebun Kopi, telah melahirkan banyak judul buku pertanian unggulan. Berbagai pengetahuan mengenai komoditas pertanian, inovasi, teknologi, dan pengembangan bisnis disajikan secara praktis dengan gaya ilmiah populer. Tak sekadar bentuk cetak fisik, kini informasi disajikan dalam wujud buku digital (e-book), audio book, video, artikel di website, dan media sosial.

MAMA 2020

MAMA 2020 Akan Tayang di Indonesia, Catat Jadwalnya Jangan Sampai Kelewatan!

sindemi

Para Ahli Menyebut Covid-19 Sudah Sindemi, Begini Pengertiannya