in

Buku Puisi yang Wajib Kamu Baca

Karya-karya para penyair ini luar biasa

rekomendasi buku puisi
Foto: instagram instaguz

Ngobrolin.id — Buku puisi nggak selamanya membosankan. Alih-alih bosan, kamu malah jadi terinspirasi karena bisa membaca karya-karya dari para penyair ternama. Tim Ngobrolin.id punya rekomendasi buku puisi yang wajib kamu baca. Yuk, simak!

Hujan Bulan Juni

Buku ini merupakan karya dari penyair ternama, Sapardi Djoko Damono. Buku ini sendiri berisi kumpulan puisi yang pertama kali diterbitkan pada 1994 dan dicetak ulang hingga beberapa kali. Judul puisi Hujan Bulan Juni juga telah dinovelkan oleh Pak Sapardi dan juga diangkat ke layar lebar (film), lho.

Aku Ini Binatang Jalang

Siapa tidak kenal dengan Chairil Anwar? Salah satu karyanya yang paling terkenal berjudul Aku. Buku kumpulan puisi lainnya yang pernah diterbitkan antara lain berjudul Tiga Menguak Takdir, Deru Campur Debu, dan Kerikil-kerikil Tajam dan Yang Terampas dan yang Putus. kini, sajak-sajak tersebut disatukan dalam buku berjudul Aku Ini Binatang Jalang.

Tidak Ada New York Hari Ini

Kalau kamu pernah menonton film Ada Apa dengan Cinta 2, kamu secara tidak langsung sudah menikmati karya-karya M. Aan Mansyur, penulis buku puisi ini. Tidak Ada New York Hari Ini adalah kumpulan puisi yang berisi 31 syair di dalamnya. Lebih istimewa lagi, puisi ini disajikan dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris sekaligus.

Ibu Mendulang Anak Berlari

Buku puisi masa kini umumnya berisi tentang hubungan percintaan, atau justru abstrak sama sekali. Namun, tidak dengan karya Cyntha Hariadi ini. Diterbitkan pada April 2016 lalu, Ibu Mendulang Anak Berlari ini berisi 62 puisi dengan tema seorang ibu yang sedang membesarkan anaknya.

Selamat Menunaikan Ibadah Puisi

Jokpin, sapaan akrab Joko Pinurbo, menuliskan syair-syairnya yang kemudian dibukukan dalam Selamat Menunaikan Ibadah Puisi. Terkenal sebagai penyair ternama, puisi dalam karya ini merupakan puisi yang ditulisnya selama rentang waktu 1989 hingga 2012. Seperti karya Jokpin kebanyakan, karya-karyanya menggunakan bahasa yang apa adanya namun tetap indah untuk dibaca.

Sesobek Buku Harian Indonesia

Cetakan pertama buku karya Emha Ainun Najib ini diterbitkan pada 1993. Buku ini sendiri memuat 4 kumpulan puisi, yaitu “M” Frustasi dan Sajak-Sajak Cinta (21 puisi), Sajak-Sajak Sepanjang Jalan (39 puisi), Nyanyian Gelandangan (13 puisi), dan Sesobek Buku Harian Indonesia (50 puisi).

aplikasi kesehatan mental

Perlu Dicoba Nih, 4 Aplikasi Kesehatan Mental

varian nasi briyani

Beragam Varian Nasi Briyani, Ternyata Nggak Cuma Satu Macam