in

Bulimia: Gejala dan Pencegahan

gejala bulimia
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pernah dengar tentang bulimia? Bulimia bukanlah penyakit fisik. Bulimia lebih mengarah kepada penyakit psikologis. Salah satu gejala bulimia adalah penderita yang terus-menerus mengonsumsi makanan, namun mengeluarkannya lagi karena takut memiliki berat badan berlebih.

Bulimia sendiri merupakan penyakit yang diderita oleh banyak orang. Namun, sekitar 90 persen di antaranya merupakan wanita. Hal ini menunjukkan bahwa kecenderungan rendahnya kepercayadirian seorang wanita dapat dilihat dari ketakutan naiknya berat badan seorang wanita.

Standar kecantikan wanita yang harus tinggi, kurus, putih, dan sebagainya telah membuat penyandang penyakit ini merasa paranoid jika memiliki bentuk tubuh tidak ideal. Penderita bulimia sendiri tidak sepatutnya dipandang sebelah mata. Sebab, lebih dari 251 ribu orang yang divonis bulimia, akhirnya meninggal.

Gejala bulimia dapat terlihat dari beberapa hal. Penderita bulimia biasa mengalami binge eating. Istilah ini merujuk kepada seseorang yang berulang kali mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Perilaku ini terjadi dalam jangka kurang dari dua jam.

Penderita akan melakukan ‘kompensasi’ atas apa yang telah ia lakukan. Setidaknya, penderita akan melakukannya selama satu kali seminggu dalam tiga bulan. Kompensasi ini bisa dilakukan salah satunya dengan cara memuntahkan kembali makanan yang telah dikonsumsi.

Evaluasi diri penderita bulimia dipengaruhi oleh bentuk tubuh dan berat badan. Ia akan merasa sangat tidak percaya diri jika tidak mencapai target yang ia inginkan. Penderita bulimia tidak terjadi pada penderita anoreksia nervosa.

Meskipun demikian, masih ada harapan bagi penderita bulimia untuk bisa sembuh. Kamu bisa lakukan beberapa pencegahan agar tidak terserang bulimia.

Kamu bisa menolak tekanan sosial soal bentuk tubuh ideal. Kamulah yang memiliki dan mencintai tubuhmu sendiri, bukan orang lain. Oleh karena itu, orang lain pun tidak berhak mengatur tubuh atau pola makanmu.

Kamu juga harus percaya diri dengan diri sendiri dan kemampuanmu. Mengembangkan rasa pede ini bisa dilakukan dengan beberapa hal antara lain fokus pada kelebihan dan tidak memerhatikan kekurangan secara berlebihan.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mulai mencari tahu dan mengenali gangguan makan yang biasa terjadi. It’s okay dan sangat wajar apabila sekali dua kali kamu merasa tidak nafsu makan. Tapi, bukan berarti kamu bisa terus-terusan melakukannya.

Terakhir, kamu bisa mencari pertolongan jika kamu merasa mengalami gejala-gejala bulimia yang disebabkan tadi.

Ada dua hal yang perlu dilakukan jika seseorang sudah positif mengidap bulimia. Pertama, meminta bantuan psikiatri untuk bimbingan psikologi. Cara kedua, dengan bantuan medis. Bantuan medis diperlukan apabila penderita tidak cukup hanya mendapat dukungan moral.

 

penyebab alergi

Kenali 7 Makanan Penyebab Alergi

Surat lamaran kerja

Surat Lamaran Kerja Kamu Gak Lolos Seleksi? Mungkin Karena Hal Ini