in , ,

Bunda, Dongeng Sebelum Tidur Itu Sangat Bermanfaat, Lho!

dongeng sebelum tidur
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Dahulu banyak orangtua yang menggunakan dongeng atau cerita sebagai pengantar tidur si kecil. Kebiasaan tersebut sudah menjadi tradisi yang sangat populer. Makanya, ada istilah dongeng sebelum tidur. Meski sepintas terdengar bukan hal yang terlalu penting, ternyata dongeng sebelum tidur memiliki banyak manfaat, lho, Bunda. Berikut ini beberapa manfaat dongeng sebelum tidur yang sayang banget dilewatkan.

Menerapkan pola tidur yang baik

Membaca sebelum tidur ternyata bisa meningkatkan kualitas tidur si kecil. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan tersebut dilakukan sebelum tidur. Lambat laun si kecil mulai paham kalau kebiasaan dongeng tersebut menjadi pertanda bahwa dirinya sudah harus tidur. Dengan begitu, si kecil memiliki pola tidur yang sehat dengan waktu yang teratur.

Mempererat hubungan dengan anak

Kegiatan mendongeng sebelum tidur dapat menjadi salah satu ritual yang menyenangkan antara orangtua dan anak, sekaligus bisa mempererat hubungan antara orangtua dan anak.

Memperbanyak kosakata si kecil

Buku yang diceritakan pasti memuat beragam gambar objek dan topik yang menggunakan kosakata-kosakata baru. Oleh karena itu, kegiatan mendongeng bisa memperbanyak kosakata yang terekam di dalam otak si kecil. Koneksi otak si kecil semakin kuat apabila banyak pengalaman yang dilalui, termasuk membaca.

Melatih imajinasi dan kreativitas

Membaca cerita sebelum tidur dapat merangsang imajinasi sekaligus kreativitas si kecil. Si kecil akan berusaha membayangkan alur cerita yang sedang dibacakan oleh Bunda. Oleh karena itu, kebiasaan bercerita ini bisa mengajarkan si kecil untuk berpikir cepat dan kreatif.

Mengasah keterampilan mendengar

Kegiatan membaca juga bisa mengasah indera pendengaran si kecil karena ia harus mendengarkan seluruh cerita yang sedang dibacakan oleh Bunda. Selain itu, kegiatan mendongeng juga akan meningkatkan komunikasi antara si kecil dan Bunda.

Mengajarkan nilai moral melalui cerita

Setiap cerita yang diceritakan di dalam buku pasti memiliki nilai moral yang bisa disampaikan kepada si kecil. Penyampaian nilai moral dengan cara yang mengasyikkan dapat lebih mudah diterima oleh si kecil. Dengan begitu, si kecil bisa mengaplikasikan nilai moral yang sudah diajarkan ketika melakukan hubungan sosial dengan masyarakat.

 

 

film Marvel

Jadwal Tayang Film Marvel di 2021

sekolah tatap muka

Mendikbud Telah Menetapkan Sekolah Tatap Muka pada Juli 2021