in

Bunga Edelweis, Bunga Abadi Penuh Pesona

Bunga abadi yang tumbuh di tempat tinggi

bunga edelweis
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Pesona bunga edelweis memang sudah tidak diragukan lagi. Bunga yang tumbuh di pegunungan nusantara ini pun dijuluki bunga abadi lantaran tak mudah layu. Edelweis yang tumbuh di Indonesia berbeda, lho, dengan edelweis yang tumbuh di daratan Eropa.

Di Jawa, bunga edelweis dijuluki bunga serundo. Kamu bisa menjumpai Javanese edelweis  ini di beberapa gunung di Indonesia. Sebut saja Gunung Gede, Gunung Rinjani, hingga Gunung Merbabu. Tanaman yang satu ini memang hanya mampu tumbuh pada ketinggian di atas 2.000 mdpl.

Bunga berwarna putih yang satu ini juga disebut sebagai bunga abadi. Adanya hormon etilen dapat mencegah kerontokan pada kelopaknya. Dengan begitu, ia bisa terus mekar selama sepuluh tahun! Waktu ini tentu jauh lebih lama ketimbang bunga pada umumnya.

Ciri utama bunga yang satu ini adalah kelopak bunganya yang berwarna putih. Puncak pemekaran bunga cantik ini pada kurun waktu April—Agustus. Karena keunikan dan keindahannya tersebut, bunga edelweis banyak dijadikan cenderamata oleh para pendaki. Padahal, tindakan itu bisa membuat edelweis berada di jurang kepunahan.

Secara hukum, tindakan pencabutan bunga edelweis sangat dilarang. Selain melanggar kode etik pendakian gunung, hal tersebut juga melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati ekosistem Pasal 33 ayat 1.

Tapi jangan khawatir, keindahannya tetap bisa kamu abadikan dengan lensa kamera. Saking indahnya, bunga ini juga sempat menjadi logo dan simbol di koin Eropa. Pada 2003, perangko Indonesia juga menggunakan gambar bunga edelweis dalam salah satu serinya.

Jika kamu tetap ingin membawanya pulang, kamu tidak perlu memetiknya langsung di lokasi pendakian, lho. Alih-alih mencuri, kini bunga edelweis sudah bisa dibudidayakan di beberapa daerah dataran tinggi. Salah satunya ada di Dieng, Jawa Tengah.

Tanaman edelweis ini dibudidayakan dengan cara menanam anakan. Anakan edelweis diperoleh dari penyemaian biji bunga yang tersebar di sekitar pohon induk. Tanaman ini pun kemudian ditumbuhkan pada media tanah liat berkapur atau berpasir.

Lakukan hal ini saat gempa

Jangan Panik! Lakukan Ini Saat Terjadi Gempa

bentuk dan fungsi kuas mata

Beragam Brush untuk Mata, Ini Bentuk dan Fungsinya