in

Burung Ini Hanya Ada di Indonesia

Endemik, langka, dan yang pasti memesona

burung asli Indonesia
Foto: instagram kokowiranata97

Ngobrolin.id — Burung jadi salah satu hewan yang bisa ditemukan dengan mudah di negara ini. Namun, ternyata ada beberapa jenis burung asli Indonesia yang hanya bisa ditemukan di negara kepulauan ini, lho. Burung-burung ini pun memiliki keindahan yang menarik mata siapa saja, termasuk para pemburu liar.

Keberadaan burung asli Indonesia kini menjadi terbatas. Perburuan liar karena keindahan bulunya membuat jumlah beberapa spesies ini menurun drastis. Yuk, bersama kita lestarikan fauna ini. Dimulai dengan mengenali jenis-jenis burung berikut.

Maleo

burung asli Indonesia
Foto: instagram kokowiranata97

Burung yang satu ini memiliki nama Latin Macrocephalon maleo. Unggas asli hutan Sulawesi ini bisa kamu kenali dari bulu dan jambulnya yang berwarna hitam. Keunikan fauna yang satu ini adalah saat baru menetas, burung maleo langsung bisa terbang, lho.

Burung maleo memiliki telur yang unik. Ukurannya bisa mencapai 5 hingga 8 kali lipat dari ukuran telur ayam pada umumnya. Namun, keberadaannya semakin terancam karena habitat hutan yang semakin sempit dan telurnya banyak diburu manusia. Diperkirakan, jumlah burung maleo yang masih tersisa hanya tinggal 10.000 ekor di Indonesia.

Rangkong gading

burung asli Indonesia
Foto: instagram timlaman

Spesies yang satu ini dalam penamaan binomial dikenal sebagai Rhinoplax vigil. Ciri utamanya adalah kepala yang berwarna cerah dan sayapnya yang besar. Kalimantan Barat adalah habitat asli dari burung endemik ini. Ia juga bisa ditemui di daerah Semenanjung Malaya dan Sumatera.

Kerabat burung rangkong gading bisa dijumpai tersebar di banyak wilayah lain, mulai dari Afrika, India, Asia Tenggara, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon. Rangkong gading juga menjadi lambang dari beberapa institusi seperti Universitas Lambung Mangkurat, lambang Kota Kuching Utara, dan negara bagian Serawak.

Cendrawasih

burung asli Indonesia
Foto: instagram merdesa_institute

Siapa tak kenal dengan burung yang satu ini. Disebut sebagai burung surga, burung endemik Papua ini memiliki bulu yang sangat indah. Bulu-bulu burung cendrawasih jantan lebih indah jika dibandingkan dengan cendrawasih betina. Hal ini karena hewan yang masuk dalam famili Paradisaeidae ini menggunakan bulu mereka untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Spesies burung cendrawasih pun sangat beragam. Burung ini hanya bisa dijumpai di Papua, Papua Nugini, dan Australia Timur. Ukuran bulunya beragam, begitu pula warnanya. Namun, semuanya memiliki pesonanya tersendiri.

Burung cendrawasih lekat dengan adat setempat. Banyak masyarakat Papua yang menggunakan bulu cendrawasih untuk hiasan pakaian adat. Bendera Papua Nugini juga menggunakan burung indah ini sebagai lambang.

olahraga secara berlebihan

Jangan Berlebihan, Ini Dampak Olahraga yang Terlalu Keras

toxic relationship

Pernah Menjalani Toxic Relationship? Yuk Ambil Hikmahnya