in

Camilan dari Nangka, Sederhana tapi Menggoda

camilan dari nangka
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Beragam olahan dari buah yang satu ini bisa dijumpai di penjuru nusantara. Buah nangka sendiri mudah tumbuh di banyak lokasi di Indonesia. Berikut ini camilan dari nangka yang tampak sederhana tapi menggoda iman.

Puding nangka

Makanan manis yang satu ini terbuat dari bahan-bahan puding seperti pada umumnya. Hanya saja, buah nangka yang sudah matang ditambahkan untuk menambahkan cita rasa. Aroma harumnya nangka dipadu dengan kelembutan tekstur puding membuat olahan ini jadi dessert yang nikmat untuk disantap.

Kolak nangka

Kolak nangka terbuat dari campuran pisang, kacang hijau, dan ubi manis. Nangka ditambahkan agar rasanya lebih manis dan aroma kolak lebih menggoda. Tidak seperti isian kolak lain yang dimasak hingga lunak, buah nangka justru ditambahkan di akhir proses memasak agar teksturnya tidak terlalu lembek.

Keripik nangka

Buah nangka juga bisa dijadikan keripik, lho. Cara membuatnya dengan mengiris nangka dan menggorengnya dalam minyak yang banyak atau deep frying. Rasa nangka yang manis dan tekstur keripik yang renyah jadi perpaduan tersendiri yang menyenangkan untuk dinikmati bersama secangkir teh hangat.

Molen nangka

Suka dengan molen pisang? Kamu juga bisa menikmati varian lain dari makanan goreng ini dengan mengganti isiannya. Isian molen yang paling umum adalah buah pisang. Coba kamu ganti bagian dalamnya dengan nangka, nanas, atau buah lainnya supaya tidak bosan.

Kue talam

Kue talam yang biasa identik dengan rasa pandan yang menggoda. Namun, camilan yang satu ini juga bisa ditambah dengan buah nangka supaya rasanya lebih legit. Sebelum ditambahkan, buah nangka harus dihaluskan terlebih dahulu dengan blender. Adonan kue talam pun dicampur dengan buah nangka yang sudah halus. Kukus kue talam dan kamu pun bisa menikmati kue talam nangka istimewa.

Ketan nangka

Hampir mirip dengan mango sticky rice, menu yang satu ini memadukan ketan dan buah nangka. Populer di Negeri Gajah Putih, apakah kamu tertarik mencobanya? Ketan yang sudah matang dimasukkan ke nangka yang sudah dibelah dan dibuang bijinya. Dengan begitu, camilan ini bisa disantap dalam sekali lahap.

 

situs freelance

Situs Freelance untuk Kamu yang Sedang Cari Sampingan

Adhitia Sofyan

Adhitia Sofyan, Dua Dekade Berkarya dan Tetap Dinanti