in

Camilan Tradisional dari Pisang, Awas Ketagihan

makanan tradisional berbahan pisang
Foto: instagram chihousesampit

Ngobrolin.id — Ngobrolin buah yang satu ini emang nggak ada habisnya. Pisang sudah lama dikenal sebagai salah satu buah kesukaan banyak orang. Olahannya pun beragam. Dari dulu, sudah banyak makanan tradisional berbahan pisang yang tersebar di penjuru nusantara. Coba yang mana saja, kamu pasti ketagihan!

Es pisang ijo

Perpaduan legendaris antara bubur sumsum khas Makassar, pisang yang dibungkus adonan berwarna hijau, es batu yang dingin dan segar, serta sirup khusus berwarna merah bikin es pisang ijo jadi idola.

Pisang yang digunakan dalam makanan tradisional berbahan pisang ini pun bukan jenis sembarangan, melainkan jenis pisang raja atau pisang tanduk.

Barongko

Camilan yang satu ini merupakan jenis kue basah asal Kota Bugis, Makassar. Rasanya yang lembut dan legit dipadukan aroma harum dari daun pisang membuat barongko wajib kamu coba. Barongko dibuat dengan mencampur pisang kepok atau raja dengan santan, telur, gula, dan garam. Tekstur yang lembut didapatkan dari telur yang sangat banyak.

Pisang epe

Masih dari Makassar, kamu bisa menyantap pisang epe yang terbuat dari pisang raja yang masih muda. Pisang ini diolah dengan cara dipanggang setelah digepengkan. Rasa manis didapatkan dari gula merah cair pelengkap pisang epe.

Sale pisang

Sudah banyak diolah di Indonesia, salah satu daerah penghasil sale pisang yang terkenal adalah Banyuwangi. Sale pisang merupakan olahan pisang yang dijemur hingga kadar airnya berkurang. Warna pisang pun akan berubah menjadi gelap dan ukurannya mengecil. Namun, rasa pisang jadi lebih manis dan legit. Kamu bisa menjajal varian panganan ini versi basah dan versi kering yang sudah digoreng.

Pisang rai

Berasal dari Bali, pisang rai punya rasa unik tersendiri. Cara membuat pisang rai, yaitu dengan melumuri pisang dengan adonan tepung, kemudian direbus hingga mendidih. Pelengkap pisang rai adalah kelapa parut sehingga rasanya jadi manis-gurih.

Carang gesing

Kali ini, giliran Jawa Tengah unjuk suara soal makanan tradisional berbahan pisang. Kue ini terbuat dari pisang raja, telur ayam, dan santan yang dimasak dengan cara dikukus. Teksturnya yang lebih lembek membuat carang gesing terasa manis dan legit.

menyewa rumah

5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Menyewa Rumah

manfaat minyak argan

Kenali Manfaat Minyak Argan untuk Kepala dan Rambut