in

Candida Auris, si Jamur Mematikan

Candida auris
Foto: pixabay

Ngobrolin.idPernahkah kamu mendengar tentang Candida auris? Jamur ini terkenal kebal terhadap berbagai antibiotik dan pengobatan antijamur. Candida auris bisa dijumpai pada saluran pernapasan dan urine. Ia tidak hanya menyebabkan infeksi pada kulit, tapi juga bisa menimbulkan kondisi yang serius pada darah dan luka.

Jamur Candida auris bisa menginfeksi seluruh anggota tubuh. Jamur ini masuk ke aliran darah dan dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh. Akibatnya, penderita bisa menderita candidiasis.

Candidiasis adalah infeksi serius yang bisa menyerang darah, hati, otak, mata, tulang, dan bagian lain dari tubuh. Penderita candidiasis bisa dilarikan ke rumah sakit jika keadaannya sudah memburuk.

Gejala penyakit ini sulit untuk dikenali. Gejala yang paling umum biasanya adalah demam dan menggigil, serta kebal terhadap obat-obatan antibiotik. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengirimkan sampel darah ke laboratorium untuk diperiksa. Hasil pemeriksaan tersebut biasanya bisa diketahui dalam beberapa hari.

Ia juga bisa ditemukan pada vagina yang tercampur dengan jamur lainnya. Jamur ini juga lebih berisiko menyerang pasien di rumah sakit yang menggunakan kateter, serta pasien pasca-operasi.

Diperkirakan, candidasis yang disebabkan oleh jamur Candida auris terjadi sebanyak 46.000 kasus setiap tahunnya di Amerika Serikat.

Setidaknya, ada tiga alasan utama mengapa Candida auris sangat berbahaya. Pertama, ia resisten terhadap obat-obatan antifungal yang tersedia untuk mengobati kasus yang disebabkan Candida jenis lain.

Kedua, sulitnya mengidentifikasi keberadaan jamur ini dengan menggunakan standar laboratorium. Jika alat yang digunakan tidak spesifik, jamur ini bisa salah dikenali. Akibatnya, penanganan yang diberikan pun bisa tidak tepat.

Ketiga, Candida auris bisa menyebabkan outbreaks. Penyebarannya terhitung sangat cepat. Inilah alasan mengapa ketika seorang pasien terinfeksi jamur Candida ini di rumah sakit, maka secepatnya fasilitas kesehatan diberikan perhatian khusus untuk menghentikan persebaran jamur. Sterilisasi alat sangat penting untuk mencegah berkembangnya jamur ini.

Selain oleh Candida auris, penyakit candidais juga bisa disebabkan oleh spesies Candida yang lain. Spesies tersebut adalah C. albicans, C. glabrata, C. parapsilosis, C. tropicalis, dan C. krusei.

Promosi bisnis online gratis

Tempat Promosi Bisnis Online Gratis!

main handphone

Jangan Main Handphone Saat Makan, Nanti Gendut!