in ,

Cara Alami Meningkatkan Produksi Kolagen

cara alami meningkatkan produksi kolagen
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Kolagen adalah protein yang paling umum ditemukan dalam tubuh manusia. Kolagen dan elastin juga ditemukan di kulit. Produksi kolagen di dalam tubuh bisa distimulasi dengan banyak cara. Namun, apakah ada cara alami meningkatkan produksi kolagen pada tubuh?

Tentu saja ada! Berikut ini beberapa yang bisa kamu coba, seperti dilansir situs kesehatan dan kecantikan, Healthline.

  1. Oleskan lidah buaya

Getah lidah buaya sudah lama digunakan untuk penyembuhan luka. Alasan di balik kemanjuran lidah buaya adalah kemampuannya untuk meningkatkan produksi kolagen ketika dioleskan atau dikonsumsi secara oral. Sebuah studi menunjukkan bukti kalau suplemen lidah buaya yang dikonsumsi secara oral bisa meningkatkan kualitas kulit. Lidah buaya juga bisa dioleskan langsung ke kulit kamu, lho.

  1. Konsumsi makanan kaya vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk sintesis asam hialuronat (hyaluronic acid). Kandungan ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh manusia. Asam hialuronat secara alami ditemukan dalam tubuh, tapi akan berkurang seiring bertambahnya usia.

Tanpa kadar vitamin C yang memadai, tubuh tidak akan mendapatkan manfaat penuh dari makanan yang mengandung asam hialuronat. Karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan asam amino dapat meningkatkan kadar asam hialuronat dan kolagen dalam tubuh karena keduanya penting untuk kulit. Makanan seperti jeruk, paprika merah, kangkung, brokoli, dan stroberi kaya vitamin C.

  1. Konsumsi ginseng

Efek antipenuaan dari tanaman Panax ginseng telah terdokumentasi dengan baik selama berabad-abad. Ginseng diserap ke dalam kulit tanpa menyebabkan reaksi buruk dari obat-obatan kimia. Ginseng juga telah terbukti dapat membantu produksi kolagen. Selain itu, dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar UVB (ultraviolet B) akibat sinar matahari.

  1. Konsumsi daun ketumbar

Daun ketumbar mengandung vitamin C yang berkaitan erat dengan peningkatan produksi kolagen. Rempah daun yang juga dikenal dengan nama cilantro ini mengandung asam linolenat yang berperan sebagai faktor antipenuaan kuat untuk kulit kamu. Pasalnya, asam linolenat mengandung anti-oksidan yang melawan radikal bebas dalam aliran darah.

  1. Konsumsi alga

Belakangan ini, tanaman laut seperti ganggang merah dan ganggang cokelat populer sebagai bahan perawatan kecantikan. Ganggang atau alga mampu mencegah oksidasi yang bisa merusak elastisitas dan jaringan kolagen kulit.

orang cerdas temannya sedikit

Orang Cerdas Temannya Sedikit, Ternyata Ini Alasannya!

senyawa berbahaya pada rokok

Zat-zat Berbahaya Ini Ada pada Rokok