in , ,

Cara Alami Usir Lalat dari Rumah

usir lalat
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Terkadang, tanpa sadar, tiba-tiba ada saja lalat yang hinggap di dalam rumah. Awalnya, lalat tersebut datang satu per satu, kemudian lama-kelamaan jumlahnya semakin banyak. Kehadiran lalat bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan. Selain itu, kehadirannya bikin tidak nyaman karena sering beterbangan di sekitar kita. Sebelum kamu menggunakan bahan kimia untuk usir lalat, sebaiknya coba cara alami terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengusir lalat dari hunian.

Tutup tempat sampah

Sebelum mengusir lalat dari rumah, kamu perlu memeriksa tempat sampah yang ada di rumah, apakah tempat sampah tersebut sudah tertutup atau terbuka.

Tempat sampah yang terbuka dapat memancing kedatangan lalat untuk mencari makan. Jadi, sebaiknya ganti tempat sampah yang terbuka dengan tempat sampah berpenutup. Dengan begitu, lalat tidak akan terpancing masuk ke rumah.

Jangan letakkan makanan sisa sembarangan

Makanan sisa yang tidak ditutup juga bisa memancing kedatangan lalat. Jika ada makanan yang sudah tidak dimakan lagi, sebaiknya simpan di kulkas atau tutup dengan rapat. Kalau ingin dibuang, pastikan makanan tersebut dibuang ke tempat sampah tertutup atau masukkan sisa makanan ke kresek, lalu buang.

Hal serupa juga berlaku untuk sisa buah-buahan atau sayur, seperti kulit dan biji buah. Setelah mengupas buah, buang sampahnya dengan benar seperti balut dengan kresek atau kertas bekas, lalu baru masukkan ke tempat sampah tertutup.

Kulit jeruk

Kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk mengusir lalat. Caranya sangat mudah, ikat kulit jeruk dan gantung di dapur. Kulit jeruk sangat efektif mengusir lalat dan mencegahnya masuk ke rumah.

Menanam kemangi

Kamu bisa menanam kemangi dan meletakkan di dapur untuk mengusir lalat. Tanaman kemangi tidak hanya berguna untuk mengusir lalat, tetapi bisa kamu manfaatkan sebagai lalapan atau bahan masakan.

Semprotkan ramuan jahe

Gunakan satu sendok teh bubuk jahe dan campur ke dalam satu gelas air. Setelah itu, masukkan ke botol semprot dan semprotkan ramuan untuk mengusir serangga seperti lalat.

 

kebanyakan duduk

Bahaya yang Jarang Disadari dari Kebanyakan Duduk

vaksin moderna

Gak Semua Orang Bisa Menerima Vaksin Moderna