in

Cara Aman Meminjamkan Uang ke Teman

meminjamkan uang ke teman gak salah kok, asal kamu bisa melakukannya dengan benar

meminjamkan uang ke teman
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Fungsi teman adalah menjadi seseorang yang bisa membantu saat temannya sedang kesulitan, dan salah satu cara membantu yang paling sering dilakukan adalah meminjamkan duit. Namun, bagi sebagian orang, meminjamkan uang ke teman menjadi momok yang sering kali susah dihindarkan karena tidak enak. Santai aja! Tim Ngobrolin punya beberapa rekomendasi tips jitu untuk kamu yang tengah berada pada situasi tersebut.

Rekomendasi tips meminjamkan uang ke teman bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kamu, kok. Atau, jika kamu punya cara lain, kamu bisa berbagi tips tersebut kepada Tim Ngobrolin langsung. Simak ulasan berikut ini.

Ketahui tujuan pinjaman tersebut

Kamu harus tahu uang pinjaman yang diajukan temanmu itu untuk apa. Apakah untuk penggunaan darurat seperti membayar tagihan rumah sakit atau sekadar kebutuhan konsumtif seperti membeli hape terbaru. Jika ia meminjam untuk keperluan konsumtif, sebaiknya kamu pikirkan ulang. Pasalnya, hal tersebut bukan hal yang penting dan jika dibiasakan nantinya akan berdampak tidak baik.

Namun, jika pinjaman tersebut untuk keperluan bisnis, kamu harus meng-update perkembangan bisnis teman kamu secara berkala agar kamu tahu perkembangan uang pinjaman yang kamu berikan.

Jaminan

Jika dana yang dipinjam terlalu besar, sebaiknya kamu meminta jaminan agar utang tersebut bisa dilunasi. Bukan berprasangka buruk kepada teman. Namun, kamu pun mengumpulkan uang tersebut sudah susah mati. Jika raib begitu saja, pasti cukup menyedihkan. Pun di bank seseorang yang meminjam uang pasti ada jaminan yang diminta. Jaminan tersebut bisa menjadi motivasi bagi teman kamu untuk membayar utangnya.

Buat perjanjian yang jelas

Beberapa orang mengeluh karena temannya tidak mengembalikan uang pinjaman. Padahal, hal tersebut pun bisa jadi kesalahannya sendiri karena tidak membuat perjanjian yang jelas. Kamu boleh kok meminta perjanjian yang jelas, kapan harus dilunasi dan dengan cara apa dilunasinya. Hal tersebut berguna untuk kamu mengajukan tagihan agar teman kamu tidak bisa mengelak karena perjanjian tersebut sudah disepakati bersama sejak awal.

Simpan bukti pinjaman

Proses transaksi yang baik adalah adanya bukti transksi yang tersimpan rapi. Saat kamu meminjamkan uang ke teman, jika nominal yang diajukan begitu besar, sebaiknya simpan bukti pinjaman tersebut secara rapi.

 

 

teman bu hamil

4 Cara Menjadi Teman Ibu Hamil yang Baik

haro cuti bersama 2020

Pemerintah Tambahkan Hari Cuti Bersama 2020