in , ,

Cara Aman Minum Kopi agar Asam Lambung Tidak Naik

minum kopi dengan cara aman

minum kopi
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kopi sudah menjadi salah satu kebiasaan orang Indonesia, bahkan ada yang sudah minum kopi saat baru bangun tidur. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa minum kopi dengan nikmat. Mereka yang memiliki masalah lambung biasanya akan mengalami efek samping, yaitu asam lambung naik.

Saat asam lambung naik, biasanya perut akan terasa kembung, mual, ingin muntah, tangan bergetar, pokoknya jadi terasa tidak nyaman. Duh, habis minum kopi bukannya jadi segar malah jadi lemas.

Untuk penderita asam lambung, kamu tetap bisa minum kopi tanpa menyebabkan asam lambung naik, kok. Simak caranya di bawah ini.

Makan terlebih dahulu

Salah satu trik jitu untuk mencegah asam lambung naik adalah minum kopi setelah makan. Kopi yang masuk saat perut masih kosong bisa menyebabkan asam lambung meningkat dan akhirnya menyebabkan rasa melilit atau mual karena asam lambung naik. Kamu bisa minum kopi minimal satu jam setelah makan. Untuk mencegah perut tidak terlalu kosong, kamu juga bisa meminumnya sambil menyantap camilan.

Pilih kopi yang rendah kafein

Asam lambung bisa naik karena kandungan kafein di dalam kopi terlalu pekat. Jenis kopi yang rendah kafein adalah arabika. Oleh karena itu, sebaiknya pilih menu kopi arabika saja agar kamu tidak merasakan efek samping yang lumayan membuat pusing.

Selain itu, pilih kopi yang dipanggang tidak terlalu lama. Karena semakin pekat warna hitam pada kopi, kandungan kafeinnya juga semakin tinggi. Kamu bisa menikmati kopi hijau yang lebih aman untuk penderita asam lambung.

Olahan kopi segar

Lebih baik minum kopi yang diolah dari biji kopi asli karena biasanya tidak ada campuran yang masuk ke bubuk kopi. Dengan begitu, ketika kamu minum kopi, kamu benar-benar menikmati kopi asli.

Tambahkan susu dalam kopi

Susu yang ditambahkan ke dalam kopi bisa membantu menekan stimulasi produksi asam lambung. Penderita asam lambung bisa jauh lebih aman menikmati latte.

Minum air putih setelahnya

Minum air putih setelah meminum kopi dapat mengencerkan kopi di dalam perut. Selain itu, segelas air putih bisa membantu menimalisir efek samping di lambung.

film among us

Among Us akan Diadaptasi Jadi Film Pendek

Paranoia

Nicholas Saputra Bermain di Paranoia, Film Terbaru Miles Films