in , ,

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Panas dan Pedas di Tangan Akibat Cabai

gak bahaya tapi ganggu banget

rasa pedas cabai
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Cabai sudah sangat terkenal di Indonesia karena sebagian besar masyarakat menyukai sensasi pedas yang dihasilkan oleh cabai. Sensasi rasa pedas cabai tidak hanya terasa di mulut, tetapi sensasi tersebut juga bisa dirasakan di kulit tangan ketika kamu sehabis memegang atau terkena cabai. Ada berbagai cara menghilangkan sensasi panas tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

Gunakan minyak goreng

Minyak goreng dapat digunakan untuk melarutkan minyak cabai panas yang menempel di permukaan kulit tangan kamu. Minyak cabailah yang menciptakan sensasi panas dan pedas di tangan. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu menggosokkan area yang terasa panas akibat cabai dengan sedikit minyak. Minyak dapat meredam rasa panas sedikit demi sedikit.

Gunakan minyak zaitun

Jika kamu punya minyak zaitun, kamu dapat menggunakannya dengan cara digosok ke bagian tangan yang terasa panas. Konsep kerjanya hampir sama dengan minyak goreng, bedanya kalau pakai minyak zaitun bisa sekalian melembutkan tangan. Minyak yang sudah digosok ke bagian yang panas didiamkan selama dua menit, kemudian bilas dengan air dan sabun cuci piring.

Cuci tangan dengan sabun cuci piring

Sabun cuci piring dapat melarutkan penyebab rasa panas yang menempel di permukaan kulit kamu karena sabun cuci piring diformulasikan untuk menghilangkan lemak. Tapi jangan terlalu sering ya, karena bisa menyebabkan kulit di telapak tangan kamu mengering sehingga teksturnya menjadi kasar.

Rendam di susu

Di dalam susu terkandung protein yang bernama kasein. Protein tersebut berfungsi sebagai deterjen alami yang bisa memecah capsaicin, senyawa yang menciptakan rasa pedas di dalam cabai. Capsaicin dapat larut karena kandungan lemak di dalam susu. Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu merendam tangan ke dalam susu selama beberapa saat hingga rasa panas mulai menghilang, kemudian cuci dengan air bersih.

Itu dia empat cara untuk menghilangkan rasa pedas dan panas dari cabai yang sangat mudah kamu ikuti. Meski terasa cukup sakit, cabai tidak berbahaya bagi kulit dan tidak akan menyebabkan kerusakan atau luka bakar di tangan kamu.

 

 

film sunyi

Film Sunyi, Dendam Korban Perundungan

tali masker

Tali Masker yang Unik Mulai Disorot, Begini Ceritanya