in

Cara Anggun Menerima Pujian

Jangan kepedean, ini cara yang tepat kamu lakukan saat dipuji oleh orang lain

cara anggun menerima pujian
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Merasa senang ketika mendapat pujian merupakan hal yang wajar. Terlebih, jika pujian tersebut datang dari orang yang kamu hormati atau kamu sukai. Masalahnya, kita sering kali merasa canggung dan kikuk saat menerima pujian. Padahal, ada cara anggun menerima pujian yang bisa bikin lawan bicara kamu nggak sungkan melemparkan kata-kata tersebut ke kamu.

Jika kamu menerima puiian dari orang lain, sebaiknya hindari memberikan kalimat-kalimat penolakan dengan nada merendah. Sebagai orang Indonesia yang penuh basa-basi, kita pasti sudah sering mendengar kalimat seperti, “Ah, nggak kok biasa saja,” sampai “Ini nggak kaya kelihatannya, kok,” bukan?!

Penggunaan kalimat-kalimat penolakan tersebut justru akan menyulitkanmu di kemudian hari. Sebab, orang yang memujimu dengan tulus pasti akan bingung dengan penolakan yang kamu berikan. Alih-alih memuji lagi, mereka justru tidak akan melakukannya lagi.

Jadi, bagaimana solusinya? Terima pujian tersebut dengan tulus. Katakan terima kasih telah memberi pujian. Ucapan sederhana ini menunjukkan kerendahhatian yang juga tulus. Mengiyakan pujian yang diberikan bukan berarti sombong lho, guys. Si pemberi pujian justru senang jika pujiannya diterima.

Tak hanya sebatas kata-kata, tunjukan pula gestur dan mimik wajah yang tulus saat menerima pujian. Jangan sampai tingkahmu bertolak belakang dengan ucapan terima kasih yang kamu berikan. Hindari menyilangkan tangan di depan tubuh atau gestur defensif lainnya.

Jika pujian tersebut ditujukan bagi kerja tim, kamu harus menyampaikannya kepada rekan satu timmu, lho. Dengan membagi pujian yang diberikan orang lain, kamu turut menyebarkan semangat bahwa hasil kerja satu tim tersebut dihargai. Akibatnya, tim akan lebih bersemangat dalam bertugas.

Itu tadi beberapa hal yang dapat kamu lakukan ketika menerima pujian. Kamu boleh berbahagia. Namun, kamu juga harus ingat bahwa pujian yang kamu terima bisa seperti pisau bermata dua. Oleh karena itu, jangan mudah terbuai dengan pujian yang diberikan orang lain.

Anggap pujian sebagai bonus atas apa yang sudah kamu lakukan, bukan merupakan tujuan utama. Dengan demikian, kamu akan terus berkembang apa pun komentar orang lain. Jika kamu menganggap pujian seperti tujuan, kamu akan mudah tumbang ketika mendapat cacian dari orang lain.

 

cara menyimpan sepatu high heels

Tips Menyimpan Sepatu High Heels, Jangan Sampai Salah

kecanduan smartphone

Suka Iseng Ngecek Smartphone? Bisa Jadi Karena Kecanduan