in

Cara Berdamai dengan Anosmia yang Tengah Dirasakan

Meski sedang tidak merasakan apa-apa, kamu harus tetap makan, ya!

anosmia
foto: unsplash

Ngobrolin.id Anosmia merupakan kehilangan penciuman sementara dan dirasakan oleh pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka yang mengalami hal ini akan sulit mencium bau dan merasakan pada indera perasa. Karena di lidah tidak terasa apa pun dan tidak bisa mencium bau apa pun, biasanya pasien akan kehilangan nafsu makan. Padahal, kamu perlu menjaga asupan bergizi saat terinfeksi Covid-19.

Dilansir dari Kompas.com, Dokter Spesialis Gizi dr. Sheena RA, M. Gizi, Sp.GK mengatakan pasien yang sedang terinfeksi, bahkan mengalami anosmia perlu memaksakan dirinya untuk tetap makan seperti biasa. Nah, biar kamu lebih mudah menerima makanan yang masuk saat anosmia, berikut ini beberapa trik yang disampaikan dokter Sheena.

Makan makanan lunak

Kalau kamu sulit makan saat mengalami anosmia, coba sebaiknya ganti konsistensi makanan menjadi lunak atau mencincang daging-daging yang akan dimakan. Makanan lunak seperti bubur dapat memudahkan kamu untuk makan. Selain mengganti konsistensi makanan, kamu juga bisa mengonsumsi makanan berkuah agar lebih mudah ditelan. Jadi, aktivitas makan yang terasa hambar bisa berjalan normal seperti biasa.

Mengonsumsi makanan cair

Sebagian orang mungkin tidak menyukai bubur karena berbagai alasan. Biasanya, mereka akan makin kehilangan selera makan dan merasa mual. Nah, solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan cair.

Ada beberapa makanan cair yang diformulasikan khusus mengandung karbohidrat, protein, lemak, hingga vitamin dan mineral sehingga makanan tersebut bisa digunakan sebagai alternatif untuk menggantikan makanan utama. Jadi, kamu gak bakalan kekurangan nutrisi selama sakit.

Tapi, sebaiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar konsumsi makanan cair tersebut berada di bawah pengawasan dokter.

Memerhatikan tanggal kedaluwarsa makanan

Saat kehilangan indra perasa dan penciuman, kamu tidak bisa mengetahui apakah makanan tersebut sudah basi atau tidak. Maka, kamu perlu memerhatikan tanggal kedaluwarsa pada makanan agar tidak mengalami dampak buruk dari makanan yang sudah kedaluwarsa.

Selain itu, pastikan juga peralatan di dapur dalam keadaan yang aman. Misalnya, sambungan gas pada selangnya. Kalau saat sehat, kita bisa mengetahui kebocoran gas dari bau yang ditimbulkan. Nah, saat sedang mengalami anosmia kamu cukup kesulitan untuk mengidentifikasinya, kecuali dari bunyi desis yang keluar dari kebocoran tersebut.

rambut nenek

Nostalgia dengan Rambut Nenek, Jajanan Jadul yang Penuh Kenangan

norwegia

Norwegia Bakal Buat Aturan untuk Influencer Tidak Boleh Menipu Pemirsa