in

Cara Berlari Bisa Jadi Penentu Jenis Sepatu yang Tepat

jenis sepatu yang tepat
Foto: Shutterstock

Ngobrolin.id — Kita tentu membutuhkan sepatu yang tepat dengan kondisi kaki kita untuk berolahraga, terutama berlari. Dengan menggunakan sepatu yang tepat ini mampu membantu kita agar lebih nyaman berolahraga serta menjaga kesehatan kaki dan lutut. Lalu, bagaimana cara menentukan jenis sepatu yang tepat untuk kaki kita?

jenis sepatu yang tepat
Foto: Shutterstock

Salah satu hal yang sangat menentukan dalam memilih sepatu adalah istilah pronation atau pronasi. Istilah ini biasanya digunakan untuk menjelaskan cara telapak kaki seseorang menapak di atas tanah.

Dilansir dari Men’s Health, secara lebih khusus, istilah pronation juga dapat dipahami sebagai seberapa banyak telapak kaki bergerak maju ketika menapak dengan tanah. Mengetahui hal ini sendiri bisa membantu kamu mengurangi risiko cedera kaki yang bakal dialami.

Ketika berlari, kaki seseorang pasti menapak dan bergerak maju. Hal ini sangat penting untuk meredam getaran yang muncul. Dengan posisi lebih ke bagian dalam, telapak kaki bakal meningkatkan kontak dengan tanah dan lebih baik dalam mendistribusikan dampak yang muncul.

Mampu meredam benturan antara telapak kaki dan tanah hingga 15 persen merupakan jumlah yang optimal. Jumlah di atas itu bisa dikatakan berlebihan dan biasa dialami oleh mereka yang berkaki rata.

Terlalu banyak sentuhan antara telapak kaki dan tanah dapat meningkatkan risiko terhadap kesehatan lutut serta kaki secara keseluruhan. Gerakan orang ketika kaki menapak tanah berbeda-beda dan masing-masing memiliki dampak bagi kaki.

Untuk menentukan sepatu yang tepat dengan kakimu, coba gunakan untuk berlari sebanyak satu putaran saat kamu mencobanya di toko. Jangan pilih sepatu yang hanya kamu rasa enak digunakan ketika sedang berdiri saja. Penelitian menyebut bahwa melakukan hal ini dapat membuat kamu secara intuituf memilih sepatu yang tepat untuk meminimalisir risiko cedera.

Selain itu, lakukan peregangan yang tepat untuk melemaskan kaki bagian bawahmu. Secara rutin lakukan olahraga peregangan dan memperkuat betis serta persendian dapat mengurangi risiko cedera yang bisa kamu terima.

camilan sehat

6 Camilan Sehat Buat Kamu yang Lagi Diet

koleksi terbaru Converse

Koleksi Terbaru Converse Tunjukkan Makna Wanita Lho