in

Cara Blokir SMS Penipuan dan Spam Lainnya

Pinjaman tanpa jaminan adalah hal yang hampir mustahil

SMS penipuan
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, masih banyak SMS penipuan yang bertebaran. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh masih banyak masyarakat yang terjerat dengan penipuan tersebut sehingga membuat oknum penipu masih gencar mengirimkan SMS penipuan.

Buat kamu yang sudah resah dengan SMS penipuan karena menumpuk di kotak masuk, berikut ini Tim Ngobrolin punya cara untuk blokir SMS penipuan dan spam yang mengganggu.

Menggunakan fitur bawaan

Hampir semua hape yang digunakan saat ini sudah memiliki fitur bawaan untuk memblokir pesan yang mengganggu. Fitur tersebut bernamma blokir nomor atau block number. Seperti di hape Samsung, kamu dapat langsung mengaktifkan fitur blokir nomor pada pesan spam. Fitur tersebut juga dapat kamu temukan pada perangkat Android dengan sistem MIUI seperti Xiaomi.

Pada perangkat dengan sistem operasi Color OS seperti Oppo, kamu dapat memblokir nomor pengirim pesan dengan mengklik tanda ‘i’ pada bagian kanan atas setelah mengklik nomor pengirim, setelah itu masukkan ke daftar hitam. Cara tersebut juga dapat digunakan pada perangkat iOS di iPhone, fitur yang dipilih adalah ‘block this caller’.

Menggunakan aplikasi blokir

SMS penipuan juga bisa kamu blokir dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store seperti Truecaller dan Hiya. Aplikasi Truecaller sudah sangat terkenal karena banyak yang sudah memakainya dengan cara penggunaannya yang sangat mudah.

Block by Phrases

Kamu juga dapat memblokir pesan penipuan dengan fitur block by phrases atau blokir lewat frasa. Fitur ini dapat memblokir pesan melalui kata-kata yang tidak kamu inginkan. Misalnya, ‘tanpa jaminan’, ‘dana pinjaman’, dan lain-lain, dengan begitu pesan-pesan yang menggunakan kata-kata tersebut secara otomatis akan terblokir.

Cara blokir ini dapat dilakukan dengan aplikasi Key Messages yang dapat diunduh di Play Store. Ikuti setiap langkah yang ditunjukkan dalam aplikasi tersebut, kemudian kamu dapat memasukkan kata-kata yang ingin difilter.

MRT

Semakin Keren, Kini MRT Menyediakan Fasilitas Membaca Untuk Penggunanya

sampah

PLTSa, Ubah Sampah Jadi Bahan Baku Pembangkit Listrik