in ,

Cara Cek IMEI Handphone Second dan Baru

jangan sampai hape kamu diblokir ya!

cek IMEI handphone
foto: pexels

Ngobrolin.id — Saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan melakukan pemblokiran handphone ilegal yang biasanya didapatkan dari black market. Sejak Selasa (15/9) pemerintah sudah melakukan pemblokiran beberapa handphone dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar di data pemerintah. Nah, bagi kamu yang akan beli handphone baru, coba cek IMEI handphone kamu!

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor yang terdiri atas 15 digit nomor, setiap handphone memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Biasanya, kamu bisa menjumpai nomor IMEI di kotak perangkat atau di bagian belakang handphone.

Bagi pengguna handphone dengan dua slot kartu SIM, berarti handphone tersebut memiliki dua nomor IMEI. Begitupun dengan handphone satu slot kartu SIM, IMEI yang dimiliki hanya satu.

Pada handphone yang dijual secara tidak resmi tidak akan mendapatkan nomor IMEI. Akibatnya, ponsel tidak bisa mendeteksi jaringan seluler apa pun karena diblokir oleh pemerintah.

Tindakan pemblokiran ini tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Infomatika Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pengendalian Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui IMEI. Jadi, IMEI tidak hanya berlaku untuk handphone, tetapi untuk sejumlah barang elektronik lainnya seperti laptop, dan komputer tablet.

Nah, untuk kamu yang baru akan membeli handphone, baik handphone baru maupun handphone second, sebaiknya periksa terlebih dahulu IMEI-nya agar tetap bisa digunakan.

Untuk handphone baru, kamu bisa cek IMEI handphone melalui kemasan bagian luar, biasanya nomor IMEI tertera pada stiker kertas putih yang ditempelkan di salah satu sisi kardus. Kamu juga bisa mengecek nomor IMEI di laman imei.kemenperin.go.id. Situs tersebut merupakan situs resmi milik Kementerian Perindustrian.

Jika handphone yang kamu beli adalah handphone second, kamu bisa cek IMEI dengan cara membuka fitur pengaturan, lalu pilih opsi Tentang Ponsel. Kamu bisa melihat beberapa informasi penting mengenai ponsel tersebut, termasuk nomor IMEI. Untuk memastikan apakah IMEI ponsel tersebut aman atau tidak, kamu masukkan nomor tersebut ke situs imei.kemenperin.go.id untuk cek IMEI.

resep kue odading

Resep Kue Odading yang Viral Karena S3 Marketingnya Mang Oleh

secret admirer

Perasaan yang Dialami oleh Secret Admirer, Peka Dong!