in ,

Cara Cerdas Menghadapi Perundungan

kamu bisa melindungi diri sendiri, kok!

cara menghadapi perundungan
foto: pexels

Ngobrolin.id — Perundungan atau bullying menjadi salah satu masalah hingga saat ini, masih banyak orang yang kerap melakukan perundungan. Memang cukup sulit untuk terhindar dari hal tersebut, ada beberapa cara menghadapi perundungan yang bisa kamu terapkan untuk melindungi diri sendiri. Penting untuk melindungi diri sendiri agar kamu tidak jatuh dan terpuruk ketika mendapat perundungan.

Kasus perundungan sering terjadi di masa-masa sekolah. Hal ini disebabkan oleh kondisi emosional anak-anak dan remaja yang masih belum matang. Jika kamu mendapat perundungan, tidak dibenarkan untuk mendendam dan membenci. Kamu bisa menghadapi perundungan dengan cara cerdas seperti berikut.

Tenang dan ambil napas

Memang menyebalkan jika seseorang selalu mengganggu hidup kamu, apalagi sampai memberikan perundungan, baik secara fisik maupun verbal. Cara pertama untuk menghadapi perundungan adalah tetap tenang, ambil napas dalam-dalam, lalu embuskan. Buatlah diri kamu tenang terlebih dahulu dari emosi yang tersulut. Tidak dianjurkan untuk mengambil tindakan saat kamu sedang emosi.

Sembunyikan amarah dan kesedihan kamu di depan pelaku perundungan. Segera pergi tinggalkan pelaku perundungan.

Kumpulkan bukti perundungan

Jika perundungan sudah sangat mengganggu kamu, apalagi sampai melakukan kekerasan fisik, segera kumpulkan bukti-bukti untuk melaporkan pelaku perundungan tersebut. Jangan membalas dengan kekerasan fisik seperti berkelahi. Kamu harus mengetahui kapan suasana menjadi bahaya atau tidak agar bisa segera menghindari pertikaian yang akan membuat runyam keadaan.

Berteriak

Ketika pelaku perundungan sudah tidak segan-segan melukai kamu, berteriaklah sekeras mungkin agar orang-orang di sekitar mendengar dan menolong. Berteriak juga membuat si pelaku akan kehilangan konsentrasi. Diam tidak selalu menjadi ide baik untuk setiap kondisi, kamu juga berhak untuk memberontak ketika pelaku sudah sangat membahayakan diri kamu.

Ikuti kelas bela diri

Membekali diri sendiri dengan bela diri sama saja melindungi diri. Namun, kamu hanya perlu menggunakannya saat pelaku sudah sangat membahayakan diri kamu. Artinya, lebih baik menggunakan teknik bela diri untuk menghindari serangan daripada untuk menyerang.

Ceritakan masalah kamu

Jangan pernah memendam cerita sendiri, ceritakan dengan cara kamu kepada orang-orang terdekat. Apalagi, jika perundungan yang menimpa kamu sudah membahayakan diri sendiri, orang terdekat kamu perlu tahu apa yang kamu terima.

 

jenis rok

Kenali Jenis Rok Panjang Kekinian yang Paling Disukai

perbedaan antara brown sugar

Ini Perbedaan antara Brown Sugar dan Gula Aren