in

Cara Creambath Sendiri di Rumah Selama Tidak Bisa ke Salon

Jaga kesehatan rambut dengan creambath sendiri di rumah selama pandemi covid-19

creambath sendiri
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Selama wabah pandemi Covid-19 banyak usaha yang harus ditutup sementara untuk mencegah penularan. Salah satu usaha yang menyediakan jasa dan sudah mulai banyak yang tutup adalah salon. Padahal, tanpa disadari salon menjadi kebutuhan yang sering dibutuhkan, setidaknya sebulan sekali untuk memotong rambut dan perawatan lainnya. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah creambath. Jangan sedih, kamu bisa kok creambath sendiri di rumah.

Kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk melakukan creambath sendiri di rumah dengan benar.

Siapkan creambath sesuai dengan selera

Saat ini banyak pilihan creambath yang bisa kamu gunakan. Pilihlah creambath sesuai dengan kebutuhan rambut kamu. Jika rambut kamu membutuhkan nutrisi untuk menguatkan rambut agar tidak mudah rontok, kamu bisa menggunakan krim berbahan ginseng.

Jika ingin menebalkan rambut, kamu bisa menggunakan krim yang mengandung lidah buaya, avokad, dan seledri. Sementara, untuk mendapatkan rambut hitam kemilau, kamu bisa menggunakan kemiri.

Cuci rambut hingga bersih

Baik di salon maupun creambath sendiri, kamu harus memulai treatment dengan keramas agar rambut kamu bersih. Krim yang akan digunakan saat creambath akan meresap lebih optimal jika rambut dan kulit kepala bersih. Sebaiknya, gunakan sampo saja saat keramas, tidak perlu dilanjutkan dengan conditioner.

Keringkan rambut

Setelah bersih, keringkan rambut secara halus dengan kain handuk. Jangan mengeringkan dengan terlalu kasar karena bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Gunting ujung rambut yang bercabang.

Bagi rambut

Saat sebelum aplikasi krim, bagi rambut menjadi beberapa bagian bergantung pada panjangnya rambut. Jika rambut pendek, cukup bagi menjadi dua bagian. Sementara, jika rambut panjang, bagi menjadi 4—6 bagian. Jadi, jangan langsung templok krim ke rambut ya, nanti jadinya tidak merata.

Beri krim

Setelah dibagi, berikan krim pada setiap bagian dan olesin hingga merata sambil dipijat untuk sekaligus merelaksasi kulit kepala. Cara mengoleskannya dimulai dari kulit kepala, akar rambut, hingga ke bagian ujung rambut. Kamu bisa mengoleskannya dengan menggunakan sisir atau langsung dengan telapak tangan.

Balut dengan handuk yang sudah direndam air panas

Jika di salon biasanya menggunakan steam, kamu di rumah bisa menggunakan handuk yang sudah direndam ke dalam air panas untuk membungkus rambut. Bungkus rambut selama 15—30 menit atau tunggu hingga panas pada handuk menghilang.

Bilas

Setelah itu, bilas rambut hingga bersih dengan air bersih dan sampo untuk membersihkan sisa krim. Lanjutkan dengan membilas rambut dengan air hangat. Setelah itu, keringkan rambut menggunakan handuk secara halus dengan ditekan-tekan, jangan digosok-gosok.

hobi bermain gitar

Sederet Manfaat Hobi Bermain Gitar

zumping

Zumping, Fenomena Baru Putus Cinta Lewat Zoom