in ,

Cara Halus Menolak Permintaan Teman yang Ingin Pinjam Uang

gampang kok caranya!

pinjam uang
foto: Pexels

Ngobrolin.id — Terkadang, sulit menolak permintaan teman yang ingin pinjam uang karena tidak enak, iba, atau takut tersinggung. Padahal, kamu berhak untuk tidak memberikannya karena itu uangmu. Kamu tidak bisa selalu menolong teman jika kondisinya memang tidak memungkinkan.

Untuk menghindari perkara buruk akibat penolakan tersebut, coba deh beberapa cara di bawah ini untuk menolak permintaan teman yang ingin pinjam uang.

Tanyakan dulu untuk apa

Kamu boleh bertanya tujuan temanmu meminjam uang untuk apa. Kalau hanya untuk kebutuhan konsumtif yang tidak terlalu penting, kamu bisa kok langsung menolak. Cara ini sebenarnya lebih bisa digunakan untuk teman yang sudah akrab.

Kamu bisa ajak dia berdiskusi dan memberikan penjelasan secara baik-baik kenapa tidak bisa memberikannya pinjaman. Yang terpenting jangan keluarkan kata-kata yang bisa menyinggung perasaannya, khawatir dia akan tersinggung.

Teman yang baik tidak akan membiarkan temannya jatuh lebih jauh ke dalam lubang kesalahan. Meminjam uang hanya untuk kebutuhan konsumtif tidak penting, misalnya untuk membeli handphone versi terbaru hanya untuk meningkatkan prestise diri di hadapan teman-teman merupakan hal yang salah. Kecuali, kalau handphone seri terbarunya memang sangat dibutuhkan untuk kerja, kamu baru boleh mempertimbangkan ulang untuk membantunya atau tidak.

Jelaskan kondisi yang sebenarnya

Kalau memang sedang tidak bisa membantu atau sama-sama dalam keadaan sulit, jelaskan saja kondisi kamu yang sebenarnya. Jangan merasa gak enak atau iba karena penderitaan teman dirasa lebih berat.

Berikan alternatif lain

Ada kalanya kamu memang tidak ingin memberikan teman pinjaman uang meski sedang ada uang. Bukan karena pelit, pasti kamu punya alasan tersendiri. Kamu bisa memberikan masukan yang solutif sebagai alternatif bagi teman untuk mendapatkan uang. Misalnya, berikan saran untuk mencari kerjaan sampingan atau memulai bisnis sesuatu yang dia bisa.

Sedikit berbohong

Cara ini sebenarnya tidak begitu disarankan karena memang lebih baik jujur dibandingkan berbohong. Kalau sudah kepepet banget karena teman terlalu memaksa, bolehlah keluarkan jurus paling akhir ini, tapi konsekuensi ditanggung sendiri kalau ternyata ketahuan bohong, ya! Kamu bisa bilang uang kamu sudah digunakan untuk keperluan pribadi yang penting, seperti bayar listrik atau bayar kontrakan.

floating market bandung

Floating Market Bandung, Tempat Wisata Sekaligus Kulineran Terlengkap

film drama serial Indonesia

5 Drama Serial Indonesia yang Keren, Bikin Nyesel Kalau Belum Pernah Nonton!