in

Cara Ini Bisa Bikin Kamu Minum Air Putih Lebih Banyak

minum air putih
Foto: Pexels

Ngobrolin.id — Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjalani hidup yang sehat. Misalnya, olahraga secara teratur, diet sehat, dan membatasi asupan kalori. Selain itu, ada satu hal yang sebenarnya wajib kamu lakukan, yaitu minum air putih yang cukup setiap harinya supaya tubuh selalu terhidrasi dengan baik.

minum air putih
Foto: Pexels

Banyak dari kita sangat sibuk sepanjang hari sehingga tidak menyadari bahwa kita tidak minum cukup air setiap harinya. Di sisi lain, sebagian dari kita mungkin terlalu malas untuk mengambil segelas air atau secara berkala mengisi ulang botol air kita. Nah, ada gak sih cara yang ampuh supaya kita bisa minum air putih lebih banyak? Tentu saja ada. Yuk, simak!

1. Membawa botol air

Sulit sekali bukan, kalau kamu mau minum tapi tidak tersedia air di dekatmu. Makanya, dianjurkan untuk membeli botol air dan membawa ke mana pun kamu pergi. Pilih botol yang cukup besar untuk menampung jumlah air yang memadai, tetapi cukup kecil sehingga dapat dengan mudah dibawa saat bekerja, sekolah, atau ke gym. Ingatlah untuk mengisi ulang botol kamu ketika sudah mulai kosong.

2. Pasang stiker atau pengingat di botol air

Pasang stiker atau gambar inspirasional pada botol air kamu, atau buat tulisan pengingat kapan kamu harus minum atau berapa banyak yang harus diminum. Tempelkan kalimat motivasi tentang pentingnya minum cukup air sehingga mendorong tercapainya tujuan kamu.

3. Tambahkan rasa

Salah satu tantangan terbesar untuk minum cukup air adalah timbulnya kebosanan karena rasa air putih yang hambar. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah resep detoks atau tambahkan buah segar pada botol air milikmu. Tambahkan potongan lemon dan jeruk untuk membuat air terasa lebih segar. Selain itu, kamu dapat mencoba mentimun, semangka, kiwi, stroberi, atau buah-buahan lain yang kamu suka. Nah, itulah yang dinamakan infuse water.

4. Melacak jumlah air yang kamu minum

Cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah dengan melacak berapa banyak air yang kamu minum. Beberapa botol memiliki built-in counter yang memungkinkan kamu dengan mudah memindahkan pointer saat melakukan isi ulang.

Jika botol air kamu tidak berteknologi tinggi, cobalah menggunakan cara lain seperti tulis pada catatan kamu untuk menghitung asupan air pada hari itu. Dengan melakukan ini, jumlah air yang diasup bisa senantiasa terkontrol sesuai dengan jumlah yang dianjurkan.

5. Minum sedikit demi sedikit

Jika meneguk air dalam jumlah besar terasa menakutkan bagi kamu, ambil sedotan, dan cobalah minum air sedikit demi sedikit. Tanpa sadar, kamu sudah akan minum banyak air tanpa menyadarinya. Trik ini juga bisa dilakukan untuk anak-anak.

6. Olahraga

Olahraga adalah cara lain untuk mengelabui diri kamu agar minum lebih banyak air. Saat tubuh kelelahan setelah berolahraga, kamu akan memiliki kecenderungan minum lebih banyak air.

7. Makan makanan yang membuat haus

Makanan ringan seperti kacang asin dan keripik, serta makanan lain yang tinggi natrium, membuat kamu merasa haus. Makanan kaya gula juga memiliki efek yang sama. Meskipun mengonsumsi makanan jenis ini bisa membuat kamu minum lebih banyak air, dianjurkan tidak melakukannya secara berlebihan. Makanan dengan kandungan garam dan gula tinggi tidak sehat sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah moderat.

Kulit bayi kering

Kulit Bayi Kering? Coba Mom Atasi dengan Cara Ini

hari kasih sayang

Tetap Happy di Hari Kasih Sayang Meski Kamu Lajang