in ,

Cara Instan Cegah Kebotakan

Lakukan ini agar tidak terserang kebotakan di usia dini

cara mencegah kebotakan
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Banyak menyerang orang berusia lanjut, kebotakan ternyata juga bisa menghantui kamu yang masih berusia muda. Kebotakan sendiri dapat terjadi karena rambut rontok dan kulit kepala yang tidak dapat tumbuh lagi. Jangan khawatir, kini ada beberapa cara mencegah kebotakan yang bisa kamu lakukan. Hitung-hitung menghindari botak di hari tua.

Kebotakan dapat terjadi karena faktor genetik. Bila penyebab botak adalah keturunan, hal tersebut lebih sulit untuk dilawan. Namun, kamu bisa mencegah kebotakan yang terjadi di luar faktor tersebut.

Pertama dengan mengurangi pewarnaan rambut. Selain itu, sering meluruskan atau mengeriting rambut juga akan menyebabkan rambut rawan mengalami kerontokan. Lebih baik biarkan rambut tumbuh secara alami, baik warna maupun bentuk aslinya.

Tak hanya teknik menata rambut yang harus diperhatikan. Alat-alat untuk menata rambut juga sebaiknya jangan sering-sering kamu gunakan. Salah satunya adalah alat catok rambut, baik untuk meluruskan maupun untuk mengeriting rambut. Alat ini menyalurkan panas pada rambutmu dan membuatnya cepat rusak.

Selain mengurangi intensitas mewarnai, mencatok, dan mengeriting rambut, sebaiknya kamu juga memilih produk perawatan rambut yang cocok dengan jenis rambut dan kulit kepalamu. Mulai dari sampo, conditioner, toner, hingga masker rambut yang sesuai.

Hindari pula menyisir rambut ketika rambut masih basah. Saat kepala basah, rambut akan lebih rawan rontok. Gunakan pula sisir dengan gerigi yang renggang agar jumlah rambut yang rontok dapat ditekan.

Jangan menyikat rambut terlalu ketat. Saat keramas ataupun mengeringkan rambut, hindari gerakan memutar-mutar rambut. Gerakan ini akan membuat rambutmu mudah tercabut dari kulit kepala.

Terakhir, kamu juga harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Dengan begitu, nutrisi bagi rambutmu pun dapat terpenuhi. Ini akan membuat rambut tidak mudah rontok dan tidak mudah patah. Kamu pun dapat terhindar dari kebotakan dini.

Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis obat tersebut. Jika menimbulkan efek samping yang serius, kamu bisa meminta dokter untuk mengganti resep obat yang sejenis tapi memiliki efek samping yang lebih ringan.

kerja remote

Tertarik Bekerja Remote? Harus Siap Tahan Banting!

film musikal terbaik

Deretan Film-film Musikal Terbaik Versi Tim Ngobrolin