in ,

Cara Membuat Foto Bokeh di DSLR untuk Pemula

cara mudah untuk kamu

membuat foto bokeh
foto: pexels

Ngobrolin.id — Penggunaan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) memang terlihat cukup rumit bagi kamu yang baru saja mulai untuk mempelajarinya. Namun, jangan berkecil hati, rumit bukan berarti tidak bisa. Saat ini banyak tutorial untuk mempelajari cara mengotak-ngatik setelan kamera sehingga hasil foto yang didapatkan sesuai dengan keinginan. Salah satu teknik foto yang sering dicari oleh pemula adalah membuat foto bokeh.

Foto bokeh merupakan gaya foto yang fokus pada objek yang dituju, sedangkan latar belakang atau bukan yang termasuk objeknya blur atau buram. Banyak pemula yang beranggapan membuat foto bokeh menggunakan kamera DSLR cukup rumit. Padahal, kamu hanya perlu mengetahui seluruh fungsi yang di kamera dan pasti nanti kamu bisa menghasilkan foto dengan latar belakang yang bokeh.

Untuk membuat foto bokeh, kamu harus memerhatikan 4 faktor yang memengaruhi hasil foto, di antaranya:

  1. Bukaan lensa atau aperture (F stop)
  2. Focal length lensa
  3. Jarak objek dengan lensa
  4. Jarak latar belakang (background) dengan titik fokus (objek)

Aperture atau bukaan lensa merupakan ukuran seberapa besar terbukanya iris lensa yang sedang kamu gunakan, diukur dengan F-number. Biasanya untuk mendapatkan foto yang tajam dengan background bokeh membutuhkan aperture terbesar yang dimiliki lensa, misalnya f/1,4 atau f/1,8. Namun, untuk kamu yang masih menggunakan lensa kit, besaran aperture maksimal hanya f/3,5—f5/,6.

Focal length lensa menjadi faktor selanjutnya yang memengaruhi tingkat bokeh foto. Focal length merupakan jarak dalam satuan milimeter antara bagian tengah pada elemen optik lensa dengan gambar. Sederhananya, focal length merupakan zoom yang dimiliki oleh lensa. Biasanya, lensa kit DSLR berukuran 18—55 mm. Semakin besar ukuran focal length, hasil bokeh yang didapatkan jauh lebih bokeh.

Namun, kamu tetap bisa menghasilkan foto bokeh hanya dengan lensa bawaan. Kamu bisa mengatur zoom di tingkat 55 mm dengan aperture f/4,5.

Selanjutnya, yang memengaruhi hasil bokeh pada foto adalah jarak objek dengan lensa. Semakin dekat objek dengan lensa, hasil yang didapatkan akan semakin tajam ke objek dan background yang bokeh.

Selanjutnya, bukan hanya jarak objek terhadap lensa yang berpengaruh, jarak objek dengan background juga memengaruhi hasil foto. Semakin jauh objek dengan background, hasil yang didapatkan akan bokeh.

sindrom patah hati

Sindrom Patah Hati Meningkat Saat Pandemi, Begini Cara Mengatasinya

film layla majnun

Film Layla Majnun Segera Tayang