in ,

Cara Membuat Lilin Aromaterapi Sendiri di Rumah

lilin untuk merelaksasi pikiran

lilin aromaterapi
foto: pixabay

Ngobrolin.id Lilin aromaterapi sudah menjadi salah satu barang yang disukai karena bisa mengeluarkan aroma yang menenangkan. Kamu bisa membuat lilin aromaterapi sendiri di rumah untuk mengisi waktu luang, lho! Wangi dari lilin aromaterapi ini bisa digunakan untuk merileksasi badan kamu yang lelah sehingga tenaga kembali terisi.

Cara membuat lilin aromaterapi sebenarnya cukup mudah. Alat dan bahan yang dibutuhkan pun tidak rumit. Kamu hanya butuh serpihan lilin dan krayon bebas racun. Semua barang tersebut sudah bisa dicari di e-commerce atau toko-toko yang menjual pernak-pernik kerajinan tangan.

Berikut ini cara membuat lilin aromaterapi sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • Potongan lilin
  • Benang kasur
  • Minyak esensial atau aromaterapi
  • Krayon bebas racun
  • Panci kecil
  • Wadah bekas
  • Gelas kecil transparan
  • Tusuk satai atau sumpit

Cara membuat:

  1. Siapkan gelas kecil transparan sebagai wadah untuk lilin aromaterapi. Lalu, pasang sumbu yang terbuat dari benang kasur di bagian tengah gelas. Tautkan benang tersebut ke tusuk satai atau sumpit yang diletakkan melintang di atas gelas. Fungsinya untuk menggantungkan benang kasur tersebut.
  2. Ukur seberapa banyak serpihan lilin yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa menggunakan gelas ukur agar ukuran kamu semakin akurat. Serpihan lilin tersebut nantinya akan memadat dan jumlahnya akan menyusut 2 kali lipat. Oleh karena itu, kamu membutuhkan serpihan lilin sebanyak 2 kali lipat dari ukuran gelas yang kamu miliki.
  3. Lelehkan serpihan lilin tersebut di dalam panci berisi air dan kukus hingga serpihan lilin meleleh. Kamu juga bisa melelehkan serpihan lilin dengan memasukkan wadah yang berisi serpihan lilin ke baskom yang berisi air panas. Usahakan jangan sampai air panas tersebut terciprat masuk ke serpihan lilin.
  4. Selama dipanaskan, lilin sesekali diaduk dengan sendok.
  5. Jika kamu ingin mewarnai lilin, berikan krayon yang tidak mengandung bahan kimia, cacah krayon tersebut agar mudah larut. Kamu bisa atur tingkat kecerahan warna lilin yang kamu inginkan. Namun, jika tidak ingin diberikan warna, bagian ini bisa dilewati.
  6. Berikan pewangi untuk membuat lilin kamu menjadi lebih harum saat dinyalakan.
  7. Tambahkan minyak aromaterapi sebanyak 10 tetes atau sesuai dengan selera. Kamu juga bisa bereksperimen dengan berbagai jenis wangi yang disuka. Aduk rata kembali agar adonan tercampur sempurna.
  8. Tuangkan lelehan lilin ke dalam gelas transparan yang sudah diberikan benang kasur sebagai sumbu lilin. Tunggu selama empat jam hingga lilin dingin dan memadat. Diamkan lilin di suhu ruang agar tidak retak.

 

Dynamite

Jadwal Rilis Dynamite BTS, Single BTS Berbahasa Inggris

perpustakaan di depok

Perpustakaan di Depok yang Bisa Diakses Umum