in

Cara Membuat Mata Tetap Sehat Meski Terus Berada di Depan Komputer

jaga kesehatan mata kamu dengan baik

mata tetap sehat
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Saat ini hampir seluruh pekerjaan di kantor menggunakan komputer. Bayangkan, kegiatan itu berlangsung setiap hari dan dalam waktu lima hari seminggu, belum ditambah durasi menatap layar ponsel. Mata yang digunakan terus-menerus akan merasa kelelahan yang biasanya ditandai dengan rasa gatal, mata berair, dan terasa panas. Agar mata tetap sehat, kamu bisa melakukan hal-hal berikut.

Letakkan layar komputer pada jarak yang disarankan

Layar sebaiknya diletakkan sejauh 50—66 cm dari mata. Jangan terlalu dekat meletakkan layar komputer. Bersihkan noda pada layar yang dapat mengganggu penglihatan sehingga kontras cahaya bisa dikurangi.

Gunakan layar yang fleksibel

Agar pandangan tidak monoton, gunakan layar yang dapat diatur-atur seperti dimiringkan dan diputar. Gunakan filter cahaya untuk memfilter cahaya yang ditampilkan dari layar komputer.

Berikan pencahayaan yang cukup pada ruang kerjaan

Gunakan lampu yang memadai untuk kamu bekerja. Jangan gunakan lampu yang remang-remang ataupun lampu ruangan yang terlalu terang. Gunakanlah kursi kerja yang fleksibel untuk diatur ketinggiannya sehingga kamu bisa menyesuaikan pandangan mata dengan layar.

Lakukan peregangan

Jangan terus-terusan berada di depan layar, lakukanlah peregangan agar otot badan dan otot mata tidak begitu kaku. Lihatlah ke benda di sekeliling atau berkedip untuk meregangkan mata.

Jaga asupan makanan

Perbanyak asupan vitamin C dan vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi berbagai macam sayur dan buah.

Berikan perawatan untuk menyegarkan mata

Kamu bisa mengompres mata yang lelah dengan handuk hangat, menggunakan tetes mata, dan menggunakan filter debu di dalam ruangan untuk menghindari mata kering agar mata tetap sehat.

 

Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Indonesia Punya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

website resep masakan

Rujukan Website Resep Masakan, Cocok Buat Kamu yang Baru Belajar Masak