in ,

Cara Membuat Tidur Siang Menjadi Sangat Efektif

tidur siang ternyata memiliki banyak manfaat

tidur siang
foto: pixabay

Ngobrolin.idTidur siang itu bermanfaat, lho guys! Sudah terbukti tidur siang bisa meningkatkan energi serta menjaga daya tahan tubuh. Hal ini membuat banyak perusahaan yang menyediakan ruang untuk para pekerjanya tidur sejenak. Manfaat yang bisa dirasakan oleh manusia adalah meningkatkan kewaspadaan, performa, dan mengurangi risiko kesalahan dan kecelakaan.

Namun, sebenarnya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat ingin tidur siang agar tidur tersebut menjadi berkualitas, bukan malah membuat kamu menjadi lemas dan menurunkan performa kamu. Simak ulasan berikut ini.

Jangan lakukan jika kamu insomnia

Jika kamu mengalami insomnia atau kesulitan tidur atau kualitas tidur kurang baik, sebaiknya jangan lakukan tidur siang karena malah berisiko membuat kamu tidak bisa tidur pada malam hari dan membuat gangguan pola tidur semakin parah.

Jangan tertidur jika kamu mengalami inersia tidur

Inersia tidur merupakan gangguan ketika seseorang merasa kebingungan atau terasa pening saat terbangun dari tidur. Untuk kamu yang mengalami gangguan ini, tidak disarankan untuk tidur pada siang hari.

Cukup 2030 menit

Tidur pada siang hari tidak perlu terlalu lama hingga berjam-jam, durasi tidur cukup 20—30 menit. Durasi ini cukup untuk menghindari inersia tidur, sleep deep, dan terbangun dengan kondisi lelah. Durasi tidur yang singkat, tidak akan mengganggu jam tidur kamu saat malam hari. Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan tidur malam yang berkualitas.

Caffeine nap

Caffeine nap merupakan kegiatan minum kopi saat 20 menit sebelum tidur. Cara ini bisa membuat kamu jadi lebih segar dan meningkatkan kewaspadaan saat kamu bangun tidur. Kafein yang diminum sebelum tidur akan menunjukkan performanya saat kamu bangun tidur.

Jalan kaki

Setelah makan siang, biasanya rasa lemas akan muncul dan menyebabkan kamu ingin rebahan. Padahal, hal tersebut sangat tidak disarankan. Setelah makan siang, jalan kaki sebentar selama 15 menit. Jalan kaki sangat berguna untuk meregangkan badan dan pikiran. Kamu bisa mengatasi rasa kantuk sehabis makan siang dengan berjalan kaki tanpa mengikuti keinginan untuk tidur.

Waktu tidur

Waktu terbaik untuk tidur adalah pukul 14:00—15:00. Tidur pada pukul tersebut bisa meminimalisir gangguan tidur pada malam hari.

sifat anak bungsu

Stereotip Sifat yang Umumnya Dimiliki Anak Bungsu

lagu Ify

Lagu Ify yang Syahdu nan Merdu