in

Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Amburadul

perbaiki pola tidur agar tidak mengganggu kesehatan kamu

memperbaiki pola tidur
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Bagi sebagian orang memiliki pola tidur yang sesuai adalah idaman karena mereka sulit menerapkan pola tidur yang benar. Kamu perlu manajemen waktu yang baik agar mampu memperbaiki pola tidur. Sebab, manusia membutuhkan waktu tidur berkualitas untuk mengembalikan kebugaran tubuhnya. Sudah banyak kasus kesehatan yang disebabkan pola tidur berantakan atau karena kurang tidur.

Faktor yang paling sering menyebabkan pola tidur berantakan adalah usia dan kesibukan, dua hal yang paling sering mengganggu rutinitas tidur. Lebih sering beraktivitas di malam hari membuat siang hari harus digunakan sebagai waktu tidur. Padahal, hal tersebut membuat tubuh menjadi tidak bekerja secara optimal karena pola tidur normal terjadi selama 7—8 jam pada malam hari. Coba lakukan beberapa hal di bawah ini untuk memperbaiki pola tidur kamu.

Atur waktu yang tepat untuk beraktivitas, usahakan jangan malam hari

Atur jadwal beraktivitas atau kerja pada pagi hingga sore hari. Hal ini berguna agar kamu bisa terjadwal dalam mengerjakan pekerjaan sehingga jam malam kamu tidak mesti diganggu dengan pekerjaan. Jika malam masih harus mengerjakan sesuatu, sebaiknya lakukan hal yang ringan atau dilakukan sekitar 4—5 jam sebelum waktu tidur.

Hindari tertidur sebelum waktunya

Kesulitan tidur di malam hari membuat kamu menjadi lebih lelah dan mengantuk pada saat melakukan aktivitas. Agar tidak mengganggu jam tidur pada malam hari, jangan tertidur pada saat siang atau sebelum waktunya. Jika memang sudah terlalu berat, tidurlah sebentar saja untuk meringankan kepala, misalnya selama 15 menit. Kamu harus menyimpan rasa lelah hingga pada saat jam tidur kamu sangat membutuhkan tidur tersebut.

Jika kesulitan tidur, jangan hanya berdiam diri di kasur

Terkadang, meskipun sudah lelah kamu masih sulit untuk tertidur karena pikiran yang kamu pikirkan sendiri. Jangan tenggelam dengan pikiran-pikiran tersebut karena hanya berbaring di kasur. Bangun, lakukan hal ringan yang dapat merelaksasi pikiran, misalnya dengan mendengarkan musik berirama menenangkan. Buatlah diri dan pikiran serileks mungkin.

Gelapkan kamar saat mau tidur

Cahaya juga memengaruhi jam biologis tubuh sehingga pada suasana gelap tubuh akan lebih mudah mengantuk. Sebaiknya, coba matikan lampu saat mau tidur. Jauhkan sumber cahaya seperti dari hape ataupun monitor komputer. Sementara, buatlah kamar kamu terang pada pagi hingga sore hari agar kamu tidak mudah mengantuk.

mitos ekstrover

Mitos Ekstrover yang Sering Bikin Salah Paham

belajar sambil mendengarkan musik

Belajar Sambil Mendengarkan Musik, Efektif Gak Ya?