in

Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Berantakan Selama Masa Pandemi

perbaiki pola tidur untuk menjaga kesehatan

pola tidur
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Selama masa pandemi Covid-19 pola tidur semakin kacau karena sebagian aktivitas utama kita terhenti. Waktu dihabiskan hanya berdiam diri di rumah demi mencegah penularan semakin meluas. Sebagian sudah mulai merasakan pola tidur yang berantakan, misalnya saja para siswa atau mahasiswa yang sekolahnya diliburkan dan para pekerja yang harus work from home. Padahal, penting untuk memiliki pola tidur yang teratur untuk menjaga daya tahan tubuh.

Begadang sangat tidak dianjurkan. Memang pada mulanya begadang disebabkan oleh ketidaksengajaan. Namun, lama-kelamaan, tidur terlalu larut di luar jam normal malah menjadi kebiasaan dan hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kamu yang sudah memiliki pola tidur berantakan harus segera diperbaiki agar kembali normal. Berikut ini cara memperbaiki pola tidur yang sudah telanjur berantakan.

Perbanyak aktivitas fisik

Tak hanya anak kecil yang sudah lelah bisa dengan mudah tertidur, orang dewasa pun seperti itu. Jika hari-hari kamu hanya dihabiskan dengan streaming film atau kegiatan lain yang tidak menguras energi, kamu cenderung lebih susah tidur pada malam hari karena tubuh tidak merasa lelah.

Penting untuk menyeimbangkan tubuh dengan berolahraga. Selain bisa menjaga metabolisme tubuh, olahraga juga bisa membuat tubuh kamu merasa lebih lelah dan pada malam hari jadi lebih mudah tertidur.

Buatlah kasur sangat nyaman untuk kamu

Sadar tak sadar, salah satu faktor yang membuat tidur kamu berkurang adalah kondisi kasur yang kurang nyaman bagi kamu. Misalnya saja letak kasur yang terlalu dekat dengan sumber cahaya sehingga kamu jadi terganggu. Atau, bantal yang kamu gunakan terlalu tinggi sehingga leher kamu terasa sangat pegal. Buatlah kasur senyaman mungkin agar tubuh kamu tidak sakit saat bangun tidur.

Hindari cahaya biru dari layar ponsel atau laptop

Jika sudah mau tidur, sebaiknya matikan lampu dan jauhkan hape dan laptop agar mata kamu tidak terpapar cahaya biru. Ternyata, cahaya biru yang kamu dapatkan itu bisa merusak kualitas tidur dan bahkan bisa mengganggu pola tidur, lho! Sebaiknya tinggalkan aktivitas bermain hape beberapa menit atau bahkan beberapa jam sebelum tidur.

Jangan minum kopi pada malam hari

Sebagian orang berpendapat bahwa minum kopi tidak akan memberikan pengaruh apa pun, termasuk menahan rasa kantuk. Meskipun begitu, kafein dalam kopi sebenarnya tetap bekerja menstimulasi otak untuk terus fokus, waspada, dan terjaga.

Jangan terlalu lama saat tidur siang

Tidur siang memang sangat bermanfaat, tapi jika terlau lama malah membawa malapetaka untuk malam hari. Tidurlah secukupnya saja agar saat malam hari tubuh tidak menghasilkan hormon untuk tetap terjaga. Waktu tidur siang yang paling efektif adalah 30 menit saja.

Grilled Three Cheese Sandwich

Resep Grilled Three Cheese Sandwich Khas Toy Story

first impression

Cara Mendapatkan First Impression yang Baik