in

Cara Mempersiapkan Finansial Pernikahan dalam Waktu Setahun

cara mempersiapkan finansial pernikahan
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Pernikahan merupakan momen penting dalam kehidupan semua orang. Momen tersebut seringkali disebut sebagai tujuan utama dalam sebuah hubungan. Tapi, bagaimana cara mempersiapkan finansial pernikahan jika ternyata waktu yang kamu miliki hanya setahun?

  1. Minimalisir biaya

Untuk mengurangi biaya pernikahan, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencatat kebutuhan pernikahan seperti venue, dekorasi, busana, konsumsi, dan lain sebagainya. Setelah itu, cek kembali dan pertimbangkan poin-poin dalam catatan tersebut. Jika ada yang tidak terlalu penting, coret saja dari daftar.

Meminimalisir biaya pernikahan juga bisa dilakukan dengan menentukan orang-orang tertentu untuk diundang. Misalnya, hanya mengundang sahabat dekat, saudara, dan tetangga.

  1. Manfaatkan jasa harga teman

Punya teman yang jago fotografi? Merias? Mengatur acara? Manfaatkan saja jasa mereka. Menyewa jasa fotografer, penata rias, dan wedding organizer tentu memakan biaya yang tidak sedikit. Lain lagi jika memanfaatkan jasa teman yang memiliki kemampuan dalam hal tersebut.

Biasanya, mereka akan memberikan “harga teman” yang sangat menguntungkan karena tidak terlalu mahal. Bahkan ada pula yang rela tidak dibayar demi berkontribusi dalam momen bahagia sahabatnya. Untuk mengapresiasi kebaikan mereka, bantu saja mempromosikan jasa mereka di media sosial.

  1. Siapkan alternatif kebutuhan pernikahan

Kadang, meski sudah menentukan venue, dekorasi, dan katering yang diinginkan, tidak jarang terjadi hal-hal yang di luar perkiraan. Misalnya, katering yang slotnya sudah penuh. Bisa juga harga yang terlalu mahal untuk venue dan dekorasi. Tentukan beberapa alternatif di awal perencanaan, agar tidak terlalu kerepotan jika tiba-tiba muncul kendala.

  1. Persiapkan seserahan lebih awal

Pada dasarnya, seserahan terdiri atas barang-barang yang diperlukan oleh pengantin wanita, seperti perlengkapan ibadah, perlengkapan mandi, dan kosmetik. Meski hanya berupa  pemberian dari pihak mempelai pria untuk mempelai wanita, seserahan adalah bagian penting dari pernikahan. Tanpa seserahan, pernikahan terasa kurang lengkap.

Untuk menekan pengeluaran, cari saja informasi atau tips berbelanja agar bisa mendapatkan produk bagus dengan harga lebih murah. Misalnya, memanfaatkan promo atau potongan harga pada momen-momen tertentu.

  1. Alokasikan keuangan untuk yang lebih penting

Traveling, nongkrong, dan berbelanja memang menyenangkan dan bisa mengurangi beban pikiran atau rasa jenuh. Namun, jika ingin fokus untuk persiapan menikah, lakukan upaya penghilang stres dengan cara yang lebih murah tetapi tetap efektif. Misalnya, memasak bersama pasangan, membaca, atau sekedar menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat dengan berbagi cerita.

  1. Punya bisnis sampingan

Jika memiliki waktu luang, manfaatkan momen tersebut untuk berbisnis agar pemasukan bisa bertambah. Pilihan bisnis ini bisa dengan menjual produk di toko online, atau cukup dengan menjadi reseller.

Saat ini juga sudah semakin banyak orang yang bisa mengapresiasi kemampuan atau skill seseorang. Jadi, jika kamu memiliki skill seperti mendesain, melukis, atau membuat kerajinan tangan, “uangkan” saja kemampuan tersebut dengan cara berbisnis. Umumnya, hasil karya yang diciptakan bisa laku dengan harga yang cukup tinggi, mengingat prosesnya yang membutuhkan kemampuan dan waktu yang kadang tidak singkat.

kenapa nyamuk suka terbang di area telinga

Kenapa Nyamuk Suka Terbang di Area Telinga?

Lakukan hal ini saat gempa

Jangan Panik! Lakukan Ini Saat Terjadi Gempa