in

Cara Mempersiapkan Tubuh Agar Siap Menjalani Puasa

persiapkan tubuh agar sap menyambut bulan Ramadan

mempersiapkan tubuh
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Selain mental yang harus disiapkan untuk menyambut Ramadan, kamu juga harus menyiapkan fisik agar tidak kaget dengan kebiasaan baru yang akan dijalani selama satu bulan penuh. Persiapan ini penting untuk membuat tubuh kamu tetap fit selama berpuasa lebih dari 12 jam sehari. Berikut ini beberapa tips untuk mempersiapkan tubuh agar siap menjalani ibadah puasa.

Jangan makan berlebihan

Jika kamu beranggapan harus makan banyak di siang hari karena nanti saat bulan puasa hal tersebut sudah tidak bisa dilakukan, kamu jelas keliru. Justru, untuk menjaga kebugaran saat memasuki bulan puasa, kamu harus bisa melatih hawa nafsu, khususnya makan siang. Agar nanti saat bulan puasa tiba, kamu tidak kalap saat berbuka karena saat siang hari merasa sangat merana kelaparan.

Jika kamu menuruti keinginan makan banyak saat menjelang puasa, tubuh akan terbiasa makan banyak. Dengan begitu, rasa lapar yang datang saat berpuasa akan lebih menyiksa.

Kurangi kebiasaan mengonsumsi kafein

Bagi kamu penyuka kafein seperti kopi atau teh, sebaiknya kurangi secara perlahan agar tubuh terbiasa dengan kadar kafein yang rendah selama berpuasa. Jangan lakukan pengurangan kafein secara mendadak saat memasuki bulan puasa. Hal tersebut justru akan membuat sakit kepala di awal puasa.

Untuk mengatasinya, coba kurangi porsi kopi atau teh dalam sehari. Kamu bisa mengganti kopi dengan minuman lain rendah kafein seperti mengganti jenis kopi yang biasa kamu konsumsi dengan jenis decaf.

Kurangi kebiasaan ngemil

Sama seperti dengan menjaga pola makan jangan sampai berlebihan, kebiasaan ngemil sudah harus kamu rem saat menjelang puasa. Hal tersebut sangat berguna untuk melatih tubuh kamu agar tidak ketergantungan dengan kegiatan ngemil saat siang hari menjelang jam makan siang atau menjelang makan malam. Jika sudah terbiasa mengurangi intensitas ngemil, tubuh akan lebih niat menjalankan ibadah puasa.

Rajin puasa sunah

Meskipun hukumnya sunah, puasa yang sering dilakukan pada hari-hari tertentu ternyata sangat berguna untuk mempersiapkan tubuh menghadapi puasa saat Ramadan. Tak heran, sebagian orang merasa enjoy saja saat menyambut Ramadan karena ia sering melakukan puasa sunah dan tubuhnya pun sudah terbiasa dengan berpuasa.

Rajin minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi

Selama berpuasa, tubuh kamu akan kehilangan banyak cairan. Cairan tersebut hanya bisa dipenuhi dari air putih yang kamu konsumsi. Oleh karena itu, kamu harus terbiasa rajin minum air putih agar saat berpuasa kegiatan minum air putih bukan menjadi perkara yang menyusahkan.

lagu jomblo bahagia

Sederet Lagu Jomblo Bahagia yang Bikin Bersemangat

hijrah terindah

Hijrah Terindah: Rekomendasi Novel Penuh Hikmah untuk Remaja