in ,

Cara Menabung untuk Anak Muda Usia 20-an, Tetap Bisa Jajan!

gak ada alasan untuk tidak menabung

cara menabung
foto: pexels

Ngobrolin.id — Siapa yang sering mengalami permasalahan berupa sulit menabung, padahal umur kamu sudah memasuki kepala dua? Banyak orang yang seumuran kamu dan memiliki kendala untuk mengatur keuangan sendiri. Memang, mengatur keuangan merupakan seni yang harus sudah dibiasakan sejak lama. Ada banyak cara menabung untuk anak muda seusia kamu yang sudah memiliki pendapatan, meskipun masih belum terlalu besar.

Tidak ada kata terlambat jika kamu baru memulainya sekarang, justru kalau bukan sekarang, ya mau kapan lagi? Tidak ada alasan gaji masih kecil untuk tidak mulai menabung. Selama masih belum banyak tanggungan yang dibebankan kepada kamu, justru saat itu juga kamu harus mulai belajar menabung.

Nah, berikut ini beberapa cara menabung untuk anak muda usia 20-an. Bagi kamu yang masih berumur di bawah 20 tahun juga bisa menerapkannya, kok. Justru semakin bagus, semakin dini kamu menyadari pentingnya menabung, lho.

Atur pengeluaran saat gaji atau uang bulanan baru keluar

Saat ingin menabung, kamu tidak perlu terlalu membebankan diri dengan porsi uang tabungan yang terlalu besar.

Bagikan porsi untuk pengeluaran utama seperti makan, bensin, jajan, dan hiburan. Selanjutnya, poskan uang untuk membayar utang (jika ada) dan sedekah atau amal. Dan terakhir, baru pos kan duit untuk tabungan. Agar uang tidak langsung habis sebelum disalurkan ke pos-pos tersebut, lakukan pembagian uang langsung saat mendapatkan gaji.

Usahakan ada porsi uang yang bisa dimasukkan ke pos tabungan. Kalau tidak cukup, itu artinya kamu harus mengubah sedikit pengeluaran utama agar bisa lebih diefektifkan.

Memiliki dua rekening

Cara ini memang terlihat agak ribet karena kamu harus mengurus rekening di bank yang berbeda. Namun, saat ini juga sudah banyak kok yang secara tidak sengaja memiliki dua rekening di bank yang berbeda karena tuntutan kepentingan, seperti untuk transfer gaji dan lain-lain. Nah, untuk kamu yang punya dua rekening, sebenarnya bisa sangat bermanfaat. Satu rekening bisa digunakan untuk uang tabungan dan satu lagi untuk uang operasional.

Investasikan di instrumen investasi yang aman

Agar uang tabungan kamu bisa berputar dan tidak hanya mengendap di rekening, kamu bisa menginvestasikannya sedikit demi sedikit di instrumen investasi yang aman, misalnya reksadana, deposito, dan obligasi. Keuntungan yang didapatkan memang tidak sebesar saham atau instrumen lainnya, tapi keamanan duit kamu bisa lebih terjamin. Sebelum memutuskan investasi, sebaiknya pelajari dengan matang terlebih dahulu, ya!

cara mencari vila

Cara Mencari Vila yang Mudah

kukira kau rumah

Lagu Amigdala, Kukira Kau Rumah, Bakal Jadi Film!