in ,

Cara Menangani Rasa Beser di Perjalanan

Rasa beser di tengah perjalanan yang bikin keki bisa dicegah loh

beser di perjalanan
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Beser merupakan sebutan dari rasa ingin buang air kecil yang terjadi dalam frekuensi cukup banyak. Biasanya, beser di perjalanan akan merepotkan diri kamu, terutama perjalanan jauh yang ditempuh dengan mobil. Sebab, WC atau toilet tidak selalu tersedia dan kamu harus menahannya hingga menemukan WC.

Seseorang dikatakan beser, jika ia sudah buang air kecil sebanyak 8 kali dalam sehari. Rasa ingin buang air kecil biasanya disebabkan oleh kelebihan cairan. Namun, masih ada penyebab lainnya yang harus kamu cari tahu jika kamu mengalami hal ini. Buang air kecil terus-menerus bisa jadi pertanda bahwa kamu sedang mengalami kondisi penyakit tertentu.

Untuk mencegah terjadi beser di perjalanan, kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini.

Gunakan baju yang hangat jika keadaan dingin

Suhu dingin yang menerpa tubuh kamu dapat memicu rasa ingin buang air kecil lebih sering. Oleh karena itu, solusi yang tepat adalah gunakan baju yang hangat, agar suhu tubuh kamu tetap hangat. Selain itu, kamu bisa minum air hangat untuk menstabilkan suhu tubuh.

Minum sesuai anjuran

Salah satu penyebab yang paling sering disalahkan kalau kamu beser adalah kebanyakan minum. Ya, memang jika kamu kebanyakan cairan dalam tubuh akan membuat rasa ingin buang air besar menjadi semakin sering. Minumlah air sesuai dengan standar sebanyak 8—10 gelas per hari. Jika kelebihan, ya sebaiknya persiapkan diri kamu untuk bolak-balik kamar mandi.

Hindari makanan pedas dan asam

Memakan buah-buahan yang mengandung air cukup tinggi seperti nanas, jeruk, tomat, semangka, dan melon akan memancing rasa ingin buah air kecil semakin sering. Selain itu, makanan pedas dan asam juga sebaiknya dihindarkan. Pasalnya, jenis makanan ini dikhawatirkan akan menginfeksi saluran kencing kamu.

Latihan nahan pipis

Memang menahan pipis tidak sehat jika dilakukan terlalu sering. Tapi, kamu bisa melatih diri untuk menahan pipis sesekali selama 30 menit, jangan lebih, ya! Latihan ini dapat melatih kandung kemih untuk lebih kuat sedikit ketika sudah kebelet. Saat menahan pipis, coba tarik napas dalam-dalam untuk membuat tubuh kamu lebih rileks.

Konsumsi yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri yang berguna untuk tubuh kamu. Buat kamu yang sering beser di perjalanan, coba rutinin makan yoghurt setiap hari untuk membantu mengurangi infeksi karena buang air kecil berlebihan.

punggung nyeri

Punggung Nyeri Karena Duduk Kelamaan? Begini Cara Meredakannya

game indoor

5 Games Indoor Seru untuk Mengisi Acara Reunian dan Gathering