in , ,

Cara Mencari Ide Kreatif ala Content Creator Muslim Milenial

cara mudah mendapatkan ide kreatif

mencari ide kreatif
foto: pexels

Ngobrolin.id — Setiap orang memiliki kreativitasnya masing-masing pada bidang yang mereka senangi. Begitu juga dengan tiga orang anak muda berbakat, yaitu Hani (@hhonhon), Syuraih Hibban (@raicoret), dan Khaira Nabila (@nekonabil). Mereka bertiga merupakan content creator pada bidang ilustrasi yang membagikan pengalamannya dalam mencari ide kreatif pada webinar yang diselenggarakan oleh Kaysa Media, Sabtu (11/7).

Hani merupakan penulis dari buku Friendship Till Jannah mengatakan kreativitas itu merupakan gabungan dari imajinasi dengan kecerdasan. Kamu bisa memulai kreativitas dari sebuah imajinasi yang sudah dimiliki. Selanjutnya, lakukanlah dengan perencanaan yang matang untuk mewujudkannya. Memang tidak mudah jika kamu baru saja ingin memulainya. Oleh karena itu, Kak Hani memberikan tips untuk memunculkan ide kreatif tersebut.

Pertama, do something. Lakukan apa yang sudah ada di dalam pikiran kamu, jangan hanya sebatas memikirkannya tanpa pernah melakukannya. Misalnya, keluar rumah untuk jalan-jalan, baca buku, nonton YouTube, atau kegiatan lain yang bisa mendatangkan ide. Kedua, cari inspirasi di bidang lain yang bisa saja mendatangkan ide baru untuk konten yang akan dibuat.

Selain itu, ide yang bagus bukan hanya ide baru yang belum pernah ada. Kamu bisa menggunakan ide lama atau ide yang sudah ada dan dimodifikasi dengan kreativitasmu. Justru, terkadang kreativitas datang dari hal-hal sederhana, misalnya pengalaman-pengalaman yang sudah dilalui.

“Ide itu bukan harus sesuatu yang baru. Ide itu bisa dari ide-ide lama yang dimodifikasi,” tutur Hani.

Selanjutnya, Syuraih Hibban yang biasa dipanggil Iban, penulis Daily Raicoret: Move Up! memaparkan tips mencari ide kreatif berdasarkan pengalaman pribadinya. Ia biasanya mendapatkan ide ketika selesai salat, saat hati sudah jauh lebih tenang setelah melakukan ibadah.

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah konsistensi dalam berkarya. Terkadang, rasa bosan dan malas muncul di tengah perjalanan sehingga membuat kamu berat untuk meneruskannya. Padahal, konsisten itu perlu agar kamu bisa semakin terlatih menghasilkan konten-konten yang bagus untuk menarik perhatian masyarakat.

Sementara itu, Nabila, penulis Diary Nekonabil: A Cup of Soul, mengatakan bahwa tips mencari ide kreatif dengan berdoa dan meluangkan waktu untuk me time, melakukan apa yang kamu senangi. Nabila biasanya saat me time melakukan jurnaling (menulis jurnal harian di buku) dan komunikasi.

Dalam berkreativitas biasanya rasa malas bisa datang, apalagi pada saat kamu sedang jenuh. Nabila biasanya mencatat apa yang harus dilakukan agar ketika malas tiba, ia langsung teringat apa yang harus dilakukan.

“Bikin to do list, jadi kita tahu arahnya mau ngapain. Jadi, kalau melenceng sedikit kita bisa liat to do list, jadi produktif lagi,” papar Nabila.

Ketiga creator tersebut juga menyampaikan konten yang dihasilkan harus bermanfaat karena manfaat dan kreativitas harus berjalan beriringan, tidak bisa dipisahkan. Hindari menciptakan konten yang hanya mencari popularitas karena konten positif pasti memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan konten sensasional.

“Konten positif memang lama banget naiknya, banyak kok contohnya, tapi daya tahan dari konten positif itu lebih lama,” ujar Iban.

Hal penting lainnya yang jangan dilupakan adalah percaya diri bahwa konten kamu bagus, bermanfaat, dan bisa disenangi oleh orang-orang.

Menutup webinar yang bertajuk Tetap Kreatif Saat #Newnormal ala Muslim Milenial, ketiga creator yang sudah senang gambar sejak kecil ini berpesan kepada semua muslim milenial untuk terus berkarya menebarkan manfaat dan jangan pernah takut untuk mencoba.

“Jangan takut berkarya, coba dulu dan jadilah orang yang bermanfaat,” tutup Nabila.

Webinar ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai kota. Seperti Hayyutina yang berasal dari Palopo, Sulawesi Selatan, salah satu peserta yang berhasil mendapatkan doorprize dari Kaysa Media yang didukung oleh Buku Laris dan Ngobrolin.id.

Follow @kaysamedia agar tidak ketinggalan info menarik seputar buku-buku bagus karya muslim milenial, kamu juga bisa membelinya di @bukularis. Dan, terus follow @ngobrolinid untuk info-info menarik lainnya.

 

 

meningkatkan minat baca

Cara Meningkatkan Minat Baca Bagi Kamu yang Jarang Membaca

resep kue jongkong

Resep Kue Jongkong Sumatera Selatan