in ,

Cara Mencari Pekerjaan dengan Mudah Lewat Internet

simak tipsnya agar mudah dapat kerja dan terhindar dari penipuan

mencari pekerjaan
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pekerjaan merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh manusia untuk terus hidup. Jika tidak bekerja, tidak akan ada pemasukan. Jika tidak ada pemasukan, akan sulit untuk membeli makan dan mencukupi kebutuhan lainnya. Oleh karena itu, kamu harus bekerja ataupun berbisnis. Di era yang serba teknologi sebenarnya mencari pekerjaan sudah sangat mudah dilakukan.

Sudah hampir seluruh perusahaan memasang iklan lowongan pekerjaan di internet. Sekarang tinggal bagaimana caranya kamu menemukan lowongan pekerjaan tersebut. Namun, semakin mudahnya mencari pekerjaan lewat internet juga diiringi dengan penipuan pencarian kerjaan yang semakin marak. Kamu bisa melakukan beberapa cara jika ingin menghindari penipuan lamaran kerja.

  1. Searching terlebih dahulu perusahaan yang hendak kamu tuju. Saat ini akan sangat mudah untuk menemukan berbagai informasi. Jika perusahaan tidak jelas dan tidak ada review dari orang-orang, kamu wajib mewaspadainya.
  2. Lowongan pekerjaan tidak pernah meminta bayaran, baik itu bayaran administrasi ataupun biaya akomodasi ke tempat tes.
  3. Jika diajak wawancara, tetapi dilakukan di luar kantor dengan dalih meeting point, kamu juga harus mewaspadai.

Namun, banyak juga lowongan pekerjaan yang bertebaran di internet bukan penipuan. Simak ulasan cara mencari pekerjaan lewat internet.

Media sosial

Kekuatan media sosial sudah tidak bisa diragukan lagi. Selain sebagai sarana untuk membagikan momen dan hasil karya kamu, media sosial juga bisa menghasilkan duit dengan berbisnis online. Bahkan, sekarang kamu bisa mencari pekerjaan lewat media sosial.

Beberapa perusahaan besar sering mengunggah lowongan pekerjaan melalui media sosial seperti Instagram. Selain itu, saat ini sudah banyak akun khusus mencari lowongan pekerjaan yang sudah up to date seperti @disnakerja, @openkerja, dan lain-lain. Kamu bisa mem-follow dan pantengin akun media sosial tersebut. Tapi hati-hati ya, pintar-pintar untuk memilah info lowongan, jangan sampai tertipu, ya!

Situs web

Situs web yang disediakan khusus untuk memuat beragam macam lowongan kerja saat ini sudah banyak. Kamu bisa mencobanya, tetapi juga harus tetap waspada jangan sampai kamu tertipu.

Aplikasi

Sudah banyak aplikasi yang memuat berbagai info lowongan pekerjaan yang mampu membantu para pencari kerja mendapatkan pekerjaan.

usaha sampingan untuk guru

Peluang Usaha Sampingan untuk Guru

Stephanie Poetri & Andmesh Kamaleng Sabet Penghargaan di MAMA 2019