in

Cara Mencegah Embun Kacamata Saat Menggunakan Masker

cara mudah memakai masker tanpa menciptakan embun di kacamatan

embun kacamata
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Salah satu problematika terbesar pengguna kacamata saat harus mengenakan masker adalah embun yang muncul pada kacamata. Embun kacamata tersebut berasal dari udara pernapasan yang tidak bisa keluar seperti biasa karena terhalang masker, udara tersebut pun akhirnya keluar dari sisi atas dan bawah masker.

Ketika udara keluar dari sisi atas masker, udara tersebut secara otomatis membuat embun pada kacamata. Kejadian ini memang sangat menyebalkan bagi mereka yang harus menggunakan kacamata. Namun, di sisi lain mereka pun tetap harus mengenakan masker untuk mencegah penularan virus. Berikut ini beberapa trik agar tidak mengalami embun pada kacamata saat mengenakan masker.

Air sabun

Kamu bisa menggunakan air dan sabun untuk mencegah timbulnya embun. Sebelum menggunakan kacamata, cuci kacamata dengan air sabun, lalu buang kelebihan air pada kacamata. Setelah itu, lap kacamata sebelum menggunakan masker. Air sabun tersebut akan memberikan lapisan film tipis yang dapat menghilangkan ketegangan permukaan kaca dengan napas yang dilakukan saat menggunakan masker.

Sebenarnya, metode ini sering digunakan oleh para supir angkutan umum. Pada musim hujan kaca depan pengemudi sangat rawan dipenuhi embun. Untuk menghilangkan embun tersebut, biasanya supir sudah menyediakan lap basah yang sudah dibasahi air sabun. Dengan cara itu, embun tidak akan datang. Kelemahan cara ini adalah kamu harus rajin melakukannya beberapa kali.

Bentuk kawat bagian atas masker sesuai dengan bentuk hidung

Masker bedah biasanya dilengkapi kawat pada bagian atas. Hal tersebut sangat berguna untuk mencegah udara dari pernapasan keluar melalui sisi bagian atas masker. Namun, bagi kamu pengguna masker kain bisa melipat bagian atas masker untuk mencegah udara keluar dari sisi atas masker.

Gunakan tisu

Kamu juga bisa menggunakan tisu yang diletakkan di bagian atas jembatan hidung kamu. Tisu tersebut sangat berguna untuk menyerap kelembapan udara yang berasal dari napas kamu sehingga menghalangi proses kondensasi yang membuat kacamata berembun. Namun, penggunaan tisu hanya bertahan beberapa saat, kamu harus rajin mengganti tisu tersebut.

 

sayuran beku

Cara Menyimpan Sayuran Beku yang Benar

jalangkote

Resep Jalangkote Makanan Khas Makassar