in

Cara Mencuci Tangan yang Tepat Guna Mencegah Virus Corona

cuci tangan dengan benar mampu memutus rantai penyebaran virus corona

mencuci tangan
foto: pexels

Ngobrolin.id — Salah satu upaya penting untuk mencegah penularan virus corona yang sudah ditetapkan oleh WHO menjadi virus pandemi adalah mencuci tangan sesering mungkin dengan cara yang tepat. Saat ini kesadaran mencuci tangan masyarakat harus lebih ditingkatkan. Tak sekadar membasahi tangan lalu diberikan sabun, kamu harus mencuci tangan dengan benar agar seluruh virus, bakteri, dan kuman di tangan sirna.

Waktu yang tepat untuk mencuci tangan adalah saat kamu akan makan, memegang area wajah, dan beberapa aktivitas lainnya. Saat ini setelah berjabat tangan dengan orang lain, sebaiknya kamu segera mencuci tangan. Bukan bermaksud tidak sopan, tetapi untuk mencegah penyebaran virus corona. Cara mencuci tangan yang benar bisa kamu ikuti di bawah ini.

Gosok telapak tangan

Langkah pertama untuk mencuci tangan adalah membasahi kedua telapak tangan dengan air dan sabun, lalu gosok dengan mempertemukan kedua telapak.

Gosok punggung tangan

Setelah telapak tangan sudah digosok, balik dan gosok masing-masing punggung tangan secara bergantian dengan telapak sebelahnya. Misalnya, gosok punggung tangan kanan dengan telapak tangan kiri, dan begitu sebaliknya.

Gosok bagian dalam jari

Gosok sela-sela jari dengan menyilangkan seluruh jari ke sela-sela jari hingga bersih. Gosok-gosok hingga seluruh bagian dalam jari bersih.

Gosok ibu jari

Saat menggosok bagian dalam jari, ibu jari belum ikut tergosok. Oleh karena itu, kamu perlu menggosok kedua ibu jari secara khusus.

Gosok sela-sela jari

Setelah telapak, punggung tangan, bagian dalam jari, dan ibu jari sudah bersih, jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jari dengan cara bentuk kelima jari seperti kuncup atau seperti kamu ingin makan pakai tangan, lalu gosok-gosok di telapak tangan hingga bersih. Kamu harus memastikan jika sela-sela jari sudah bersih secara sempurna dan dilakukan bergantian di antara kedua tangan.

Dengan rajin mencuci tangan, kamu sudah berkontribusi untuk mencegah penularan virus corona agar tidak meluas. Luangkan setidaknya 20 detik untuk membersihkan seluruh telapak tangan secara menyeluruh. Tak lupa gunakan sabun cuci tangan dalam jumlah yang cukup, jangan pelit menggunakan sabun tapi jangan terlalu boros juga saat menggunakannya.

Setelah tangan bersih, jangan lupa langsung bilas dan keringkan dengan tisu. Pastikan tangan kamu sudah bersih ketika keluar dari toilet dan saat menyentuh benda lain yang ada di sekitar.

work from home

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Saat Work From Home

manfaat kunyit

Langkah Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Manfaat Kunyit