in

Cara Mendapatkan First Impression yang Baik

first impression ternyata penting

first impression
foto: pexels

Ngobrolin.id First impression sangat penting untuk menentukan awal hubungan sosial yang akan kita bangun. Oleh karena itu, penting mendapatkan first impression yang baik. Meskipun ada sebagian orang yang tidak peduli dengan first impression. Namun, dalam dunia kerja apalagi saat wawancara kerja, first impression sangat dibutuhkan, lho! Hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor diterima atau tidaknya kamu dalam perusahaan.

Tidak sulit mendapatkan first impression yang baik, kamu bisa melakukannya dengan melakukan beberapa hal sederhana seperti di bawah ini.

Tersenyumlah saat pertemuan pertama

Senyum menjadi langkah awal yang cukup mudah dan penting untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menatapnya terlebih dahulu, jika lawan bicara sudah menatap, balas dengan senyuman. Dengan begitu, kesan pertama yang baik sudah bisa kamu dapatkan. Senyumnya tidak usah berlebihan, secukupnya saja atau lakukanlah dengan normal. Jangan terlalu lama juga karena kamu malah akan terkesan aneh.

Menatap mata seperlunya saja

Selama proses interaksi, kamu tidak perlu untuk selalu menatap matanya. Hal tersebut justru akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan kamu dianggap agresif. Kamu hanya perlu menatap matanya sebanyak 60 persen selama berbincang dengannya. Hal tersebut sudah lebih dari cukup untuk membangun kepercayaan dan menjaga first impression. Aturan ini bisa diterapkan pada hubungan bisnis dan hubungan-hubungan lainnya.

Perhatikan postur tubuh

Selama berbincang, sebaiknya atur postur tubuh untuk tetap siap. Hindari membungkuk, melihat ke bawah atau postur tubuh lainnya yang mengesankan diri kamu tidak percaya diri atau malah menimbulkan kecurigaan lawan bicara seperti sering memegang leher, kuping, dan area lain yang tidak normal.

Tunjukkan ketertarikan

Menunjukkan ketertarikan pada orang yang baru ditemui membuat kamu selamat dari stigma arogan. Tunjukkan ketertarikan dengan merespons pembicaraan dengan baik dan tidak sibuk sendiri, apalagi sibuk dengan hape.

Empati

Empati menjadi faktor penting untuk mendapatkan first impression yang baik. Tunjukkan respons yang tepat di tengah pembicaraan agar lawan jenis merasa nyaman dengan kamu yang baru saja ditemuinya

pola tidur

Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Berantakan Selama Masa Pandemi

hobi bermain gitar

Sederet Manfaat Hobi Bermain Gitar