in

Cara Mengatasi Insomnia

hilangkan insomnia dengan cara ini

insomnia
foto: pixabay

Ngobrolin.id Insomnia merupakan suatu kondisi yang sering dan wajar terjadi pada manusia yang menyebabkan susah tidur pada malam hari. Bagi mereka yang mengidap insomnia, tidur nyenyak merupakan suatu hal yang berharga dan sangat istimewa. Insomnia umumnya terjadi karena beragam faktor. Ada banyak cara mengatasi insomnia. Yuk, simak ulasannya.

Tenangkan diri kamu

Saat akan tidur, usahakan dirimu sudah berada pada posisi rileks dan tenang. Jika masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan dan dalam waktu singkat misalnya seperti membuang sampah di dalam kamar, lakukanlah segera agar kamu tidak banyak pikiran.

Tubuh yang rileks akan jauh lebih mudah untuk tertidur. Oleh karena itu, pikiran yang menumpuk akan menjadi hambatan kamu untuk tidur.

Atur tempat tidur kamu

Kualitas tidur juga dipengaruhi oleh tempat tidur yang kamu gunakan. Jika tempat tidur terasa kurang nyaman, ubahlah hingga diri kamu merasa nyaman tertidur di atasnya. Selain itu, tempat tidur yang nyaman dapat menyehatkan tubuh.

Matikan lampu kamar

Pencahayaan lampu kamar yang terlalu terang dapat membuat kondisi matamu tidak rileks dan nyaman. Matikan lampu sehingga keadaan kamar menjadi gelap. Mematikan lampu juga dapat membantu pikiranmu untuk tidak berpikiran aneh-aneh dan cepat terlelap. Bagi kamu yang takut gelap, gunakan lampu tidur yang memiliki pencahayaan terbatas.

Kurangi konsumsi kafein

Kurangi konsumsi kafein yang biasanya kamu dapatkan dari minum kopi sebelum tidur. Jika kamu penikmat kopi, usahakan konsumsi kopi maksimal dua jam sebelum tidur. Kafein dapat menimbulkan kecemasan sehingga mengurangi kualitas tidurmu.

Atur pola tidur

Pola tidur sangat penting untuk dilakukan dengan baik. Jika kamu terbiasa begadang, kamu akan sulit tidur tepat waktu. Atur waktu tidur di jam yang tepat, jangan biasakan begadang.

Olahraga

Agar tubuh kamu menjadi fit, lakukan olahraga rutin sehingga mampu menambah kualitas tidur kamu menjadi lebih baik.

tempoyak durian

Sudah Kenal dengan Tempoyak Durian?

jenis diet

Kenali Jenis-jenis Diet