in ,

Cara Mengatasi Leher Sakit Akibat Kelamaan Duduk Bekerja atau Belajar

kelamaan duduk malah bikin sakit leher

leher sakit
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sebagian orang kurang betah untuk duduk terlalu lama ketika bekerja atau belajar. Pasalnya, kelamaan duduk bisa menyebabkan leher sakit dan tegang. Akhirnya, kepala menjadi pusing dan badan menjadi terasa sakit.

Menatap layar laptop atau duduk di meja belajar terlalu lama bisa menyebabkan leher kamu sakit. Hal tersebut karena adanya tekanan di bagian otot jarigan lunak leher. Nah, di bawah ini ada 5 cara untuk mengatasi leher sakit ketika sedang bekerja atau belajar.

Duduk dengan posisi yang rileks

Langkah pertama yang sangat berguna untuk mencegah atau meredakan rasa sakit ketika terlalu lama duduk adalah menyesuaikan posisi duduk. Pastikan posisi yang kamu ambil sudah nyaman. Jangan pilih posisi yang hanya bisa memberikan kenyamanan sesaat.

Saat sudah nyaman, kamu akan merasa lebih rileks. Pastikan posisi siku bertumpu di meja dan tidak menggantung.

Posisikan kepala untuk menatap lurus

Ketika kamu harus bekerja atau belajar dengan laptop, pastikan pandangan kamu lurus ke depan. Jangan biarkan posisi kepala cenderung menekuk atau condong ke bawah sehingga menyebabkan kamu bungkuk. Posisi menghadap yang menyebabkan bungkuk bisa menyebabkan leher terasa sakit dan kaku.

Jika posisi layar laptop berada sejajar dengan mata, leher tidak perlu menekuk dan risiko rasa sakit pun bisa lebih diminimalisir.

Lakukan peregangan

Kalau kamu sudah berada di depan laptop selama sehari penuh, jangan lupa untuk melakukan peregangan sebentar. Misalnya, seperti ngulet, menarik tangan ke atas, memutarkan bahu, dan putarkan kepala secara perlahan searah jarum jam dan sebaliknya. Kamu juga bisa coba untuk berdiri sesaat setelah cukup lama duduk di kursi kerja.

Istirahat

Lakukan istirahat minimal selama 30 menit hingga satu jam. Selama beristirahat, kamu bisa melakukan peregangan, makan, dan jalan-jalan. Selama beristirahat, kamu juga bisa mengistirahatkan mata yang harus terus-menerus melihat ke arah monitor sambil menyegarkan pikiran agar tidak mumet.

Minum air putih yang cukup

Meskipun kerjaannya sehari-hari hanya duduk di depan komputer, kamu tetap harus rajin minum air putih untuk menghidrasi tubuh kamu, termasuk bagian tulang belakang. Minum air yang cukup bisa membantu kamu meringankan risiko sakit di leher.

protokol kesehatan di bioskop

Bioskop di Jakarta Sudah Mulai Beroperasi, Begini Protokol Kesehatan di Bioskop

tirta

Tirta, Game PS Besutan Anak Indonesia