in ,

Cara Mengatasi “Mabuk” Setelah Bermain Game Virtual Reality

banyak pengguna baru yang mengalami mabuk setelah bermain Game VR

game virtual reality
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Seseorang yang baru mencoba bermain game virtual reality (VR) biasanya merasakan pusing dan mual seperti “mabuk”. Hal ini cukup wajar terjadi apalagi untuk pemula yang baru saja mencoba teknologi ini. Jadi, jangan dikira bermain game ini menyenangkan, ya! Kalau belum terbiasa pasti kamu mual, pusing, dan ingin muntah.

Fenomena ini dinamakan dengan sickness motion, biasanya muncul setelah kamu melepas kacamata VR. Pandangan kamu mulai mengalami disorientasi arah. Penyebab mabuk ini adalah sudut 360° di dalam konten video game VR.

Saat pengguna mengenakan kacamata VR, pengguna dibuat menjadi lupa dengan dunia nyata. Pengguna akan berada di dunia yang dilihatnya dalam kacamata tersebut. Padahal, dirinya masih tetap berada di dunia nyata.

Sebenarnya, motion sickness bisa kamu rasakan ketika berada di dalam transportasi seperti mobil, kapal, kereta api, atau pesawat. Sensor di dalam tubuh kamu mengirimkan pesan campuran yang membuat bingung otak. Akhirnya, kamu jadi pusing dan ingin muntah.

Nah, motion sicknes yang muncul ketika kamu bermain game VR karena penglihatan kamu merasa sedang berada di area tertentu, padahal sebenarnya kamu berada di ruang bermain game saja. Hal ini sama-sama dapat menyebabkan sensor mengirimkan pesan campuran yang dapat membuat bingung.

Kalau rasa mual dan pusing tidak segera diatasi dan kamu terus melanjutkan bermain game, rasa mual tersebut dapat bertambah menjadi hebat, bahkan bisa membuat kamu muntah dan terjatuh karena kehilangan keseimbangan.

Oleh karena itu, pilihlah game yang tidak akan menyebabkan kamu motion sickness. Jika sudah telanjur merasakan motion sickness, sebaiknya segera berhenti dan keluar cari udara segar untuk menenangkan diri. Fenomena ini bisa jadi juga karena sudah terlalu lama bermain game.

Kamu harus mengingatkan diri sendiri bahwa sedang bermain VR agar otak tidak bingung. Dengan begitu, motion sickness bisa lebih diminimalisir karena diri kamu sudah siap. Kalau baru mencoba, sebaiknya lakukan sambil duduk saja, meskipun di video game sedang dalam posisi berjalan.

warpat

Warpat, Tempat Nongkrong Favorit Anak Muda di Puncak

penyebab uban

Penyebab Uban Muncul di Usia Muda