in , ,

Cara Mengatasi Masalah dengan Teman Dekat

perbaiki hubungan dengan teman kamu secepatnya dengan cara mudah

masalah dengan teman dekat
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Masalah akan menimpa siapa saja dan dengan alasan apa pun, termasuk kamu dengan teman dekat. Sangat wajar dalam hubungan pertemanan terjadi masalah karena berbagai hal, sejatinya manusia tidak ada yang sempurna. Untuk mengatasi masalah dengan teman dekat, ada beberapa cara mudah yang bisa menjadi solusi untuk menghadapinya, simak ulasan berikut ini.

Tenangkan diri kamu terlebih dahulu

Saat ada masalah, energi negatif cenderung akan menguasai diri sehingga kamu jauh lebih emosional. Kamu perlu menenangkan diri terlebih dahulu, misalnya dengan mengatur napas, mengambil jeda dari orang-orang, atau mendengarkan musik.

Berkaca pada diri sendiri

Setelah diri sudah lebih tenang, kamu akan jauh lebih bisa berpikir dengan jernih. Coba berkaca pada diri sendiri tentang masalah yang sedang kamu hadapi bersama teman dekat. Mungkin saja ada beberapa hal yang seharusnya tidak terjadi, tetapi terjadi karena kondisinya saat itu kalian sedang emosi.

Berpikir dua kali untuk marah berkepanjangan

Mulailah menerima setiap kekurangan yang ada pada diri sendiri dan teman kamu. Tidak ada manusia yang sempurna, kamu dan teman sama-sama memiliki kekurangan. Selanjutnya, kenang semua momentum bahagia yang sangat sayang kalau hilang begitu saja karena permasalahan yang sedang dihadapi.

Mengakui kesalahan

Setelah sudah jauh lebih tenang dan kamu mulai menyadari bahwa tanpa sadar kamu juga berbuat salah, akuilah kesalahan tersebut dan minta maaf pada saat kondisi emosional sudah stabil. Jangan pernah gengsi untuk mengakui kesalahan, ya. Jangan pernah menunggu untuk minta maaf, kehilangan teman lebih menyedihkan dibanding membesarkan ego karena tidak mau mengakui kesalahan.

Bicarakan masalah

Jika hal ini memungkinkan untuk dilakukan, membicarakan masalah dengan teman dekat bisa menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki hubungan kalian berdua. Jangan ada yang menyalahkan satu sama lain, tidak ada gunanya karena semua sudah terjadi. Lebih baik fokus untuk mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang kalian hadapi.

Masalah akan segera berlalu jika kalian bisa saling memahami. Jangan sampai kehilangan teman hanya karena sebuah permasalahan yang masih bisa diselesaikan baik-baik.

gejala infeksi bakteri listeria

Kenali Gejala Infeksi Bakteri Listeria dan Cara Mencegahnya

jenis rok

Kenali Jenis Rok Panjang Kekinian yang Paling Disukai