in

Cara Mengatasi Mual Saat Berolahraga

siapa yang pernah mengalaminya?

mual saat berolahraga
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Permasalahan yang kerap dialami oleh seseorang yang jarang berolahraga atau melakukan prosedur olahraga yang kurang tepat adalah timbulnya rasa mual. Rasa mual saat berolahraga sering timbul saat tubuh merasa sangat kelelahan, bahkan tak jarang diiringi dengan beberapa keluhan lainnya.

Penyebab rasa mual saat berolahraga adalah cara olahraga yang salah dan beberapa kebiasaan tidak baik lainnya yang sering dilakukan sebelum berolahraga, seperti makan sebelum berolahraga, kadar gula rendah, olahraga dengan intensitas tinggi, dan kurangnya darah ke sistem pencernaan. Untuk mengatasi rasa mual saat berolahraga, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan.

Cara makan sebelum berolahraga

Salah satu pemicu rasa mual adalah kelebihan makanan dan cairan di dalam lambung sebelum berolahraga. Untuk mengantisipasinya, berikan jeda waktu antara makan dan berolahraga sekitar 30 menit hingga 3 jam. Olahraga dalam perut kosong juga tidak baik dan tetap membuat rasa mual.

Makanan yang dikonsumsi sebelum berolahraga

Usahakan konsumsi makanan berlemak tinggi untuk olahraga yang intensif. Namun, lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan yang merupakan sumber protein dan karbohidrat. Protein dan karbohidrat akan mencegah tubuh dari kekurangan gula di tengah aktivitas berolahraga.

Konsumsi cairan yang cukup

Konsumsi cairan yang cukup selama berolahraga, cairan dapat membantu mempercepat proses pencernaan karbohidrat sehingga proses pengosongan lambung berjalan lancar. Hal tersebut dapat meringankan gejala mual.

Kurangi intensitas olahraga

Rasa mual bisa menjadi pertanda intensitas olahraga yang kamu lakukan sudah berlebihan. Kurangi secara perlahan intensitas olahraga sedikit demi sedikit. Kamu tidak perlu berhenti dan bahkan tidak dianjurkan berhenti, cukup kurangi secara perlahan hingga tubuh terasa lebih enak. Berhenti tiba-tiba akan membuat rasa mual semakin membesar. Kamu bisa mulai dengan jalan perlahan dengan intensitas yang lambat.

Lakukan pemanasan dan pendinginan dengan benar

Prosedur olahraga memang harus dilakukan sesuai tahap. Rasa mual bisa saja timbul karena tubuh yang kaget dengan kondisi langsung bergerak atau berhenti secara mendadak tanpa adanya pemanasan dan pendinginan.

Intensitas olahraga

Lakukan intensitas olahraga sesuai dengan kapabilitas diri sendiri. Jika ingin menaikkan intensitas olahraga, lakukan secara bertahap dengan rajin latihan.

 

 

logo baju di sebelah kiri

Sadar Tidak, Logo Baju Sering Ada di Sebelah Kiri?

makanan penyebab jerawat

Jenis Makanan Penyebab Jerawat