in ,

Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat Lari, Biar Lebih Semangat Larinya!

atasi nyeri agar lari kamu jadi tidak terhambat

nyeri perut saat lari
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Lari merupakan salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan karena kamu tidak membutuhkan peralatan apa pun, hanya butuh sepatu dan track atau jalur untuk lari. Namun, sebagian dari kamu pasti pernah mengalami nyeri perut saat lari. Hal tersebut malah membuat kamu jadi malas lari karena tak ingin menahan rasa sakit tersebut.

Nyeri perut saat lari sebenarnya bukan hanya dirasakan oleh kamu. Hampir semua orang yang berolahraga lari pernah mengalaminya, bahkan pelari profesional pun bisa merasakan hal ini, lho! Biasanya, rasa nyeri tersebut berada di perut samping dan bagian tengah perut.

Rasa nyeri yang terjadi di bagian perut samping biasanya disebabkan oleh adanya peregangan dari jaringan ikat yang terdapat di dalam perut atau karena gangguan elektrolit di dalam darah. Sementara, nyeri di bagian tengah perut biasanya disebabkan oleh pola napas yang salah. Saat berlari, sebaiknya kamu menggunakan pola napas yang mengikui ritme lari.

Berikut ini beberapa tips menghindari rasa nyeri saat berlari.

Lakukan peregangan atau pemanasan yang benar

Kadang, pemanasan tidak dilakukan dengan benar sehingga otot-otot di dalam tubuh kamu tidak benar-benar meregang. Sebaiknya, lakukan setiap gerakan peregangan dengan benar dan diteruskan dengan lari-lari kecil untuk mengatasi kontraksi otot perut. Setelah tubuh dirasa sudah siap, barulah berlari.

Jangan makan serat tinggi

Sebelum lari, sebaiknya hindari makan makanan berserat tinggi dan usahakan makan 2—3 jam sebelum lari. Hal tersebut berguna memberikan waktu terhadap perut untuk mencerna makanan sebelum berlari.

Atur pernapasan

Jika rasa nyeri tetap datang saat kamu lari, coba berhenti sejenak untuk menarik napas sedalam-dalamnya melalui hidung dan mengeluarkannya dari mulut. Lakukan hal ini berulang kali sampai rasa nyeri di perut sudah mulai membaik. Sembari beristirahat, minumlah air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang sudah hilang selama lari.

Turunkan kecepatan lari

Rasa nyeri juga bisa disebabkan oleh otot perut bekerja terlalu keras. Sebaiknya, turunkan kecepatan kamu saat berlari dan jangan terus memaksakan untuk tetap berlari dengan kecepatan tinggi.

 

download lagu gratis

Link Download Lagu Gratis dan Legal

jenis pisang

Deretan Jenis Pisang yang Disukai Masyarakat Indonesia