in

Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Puasa

usir rasa kantuk dengan cara mudah

rasa kantuk
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Tantangan paling berat saat berpuasa adalah rasa kantuk yang hebat di jam-jam kritis seperti pada pukul 13:00—15:00. Rasa kantuk datang tanpa permisi membuat tubuh terasa jauh lebih lelah dan akhirnya menghambat produktivitas kerja. Meskipun tengah berpuasa, kamu harus tetap produktif belajar atau bekerja seperti biasa. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan atau mengambil waktu istirahat yang lebih lama. Berikut ini tips untuk mengatasi kantuk saat puasa.

Perbaiki jam tidur

Biasanya saat berpuasa ritme jam tidur akan berubah karena adanya aktivitas sahur pada waktu dini hari. Hal inilah yang menjadi penyebab utama kenapa kamu lebih mudah merasakan kantuk saat puasa siang hari. Sebaiknya, tetap siapkan jam tidur standar bagi orang dewasa, yakni 7—8 jam. Jika tidak ada kepentingan lain, jangan tidur terlalu larut agar tubuh tidak kekurangan tidur.

Namun, bukan berarti kamu bisa tidur lebih lama juga. Terlalu banyak tidur atau sedikit tidur akan membuat tubuh kamu lebih mudah lelah.

Berwudhu

Cara mudah lainnya untuk mengatasi ngantuk saat puasa adalah berwudhu. Ambil air wudhu untuk menyegarkan tubuh. Tidak mungkin kan saat di kantor atau saat kerja kamu malah mandi karena ingin menyegarkan tubuh. Wudhu menjadi solusi jitu yang mudah untuk dilakukan.

Jalan-jalan sebentar atau bersosialisasi

Rasa kantuk terkadang datang karena rasa bosan yang melanda saat bekerja. Sebaiknya ambil jeda 10 menit untuk berjalan-jalan di sekitar meja kerja atau menyapa teman yang lain untuk menghilangkan penat bekerja. Namun, tentunya saat ngobrol bareng teman kerja kamu harus menghindari topik yang merujuk ke ranah gosip, ya! Tidak baik membicarakan orang lain, malahan hal tersebut dapat mengurangi pahala puasa.

Tidur siang sebentar

Karena jam makan siang tidak akan berguna selama puasa, kamu bisa memanfaatkannya untuk melepas rasa kantuk. Namun, jangan terlalu nyaman juga, nanti malah keterusan sampai jam tiga sore. Cukup 20 menit untuk menghilangkan rasa kantuk dan kembali bekerja.

Peregangan badan

Lakukan peregangan badan jika rasa kantuk sudah datang dan mengganggu konsentrasi. Istirahat sebentar dari pekerjaan dan lakukan peregangan untuk melemaskan otot-otot badan yang kaku. Sembari meregangkan badan, sebaiknya kamu atur pernapasan untuk menyuplai kadar oksigen di dalam otak. Salah satu penyebab sering menguap adalah kekurangan oksigen di dalam tubuh.

Adele

Penampilan Baru Adele Bikin Warganet Pangling!

virtual wedding

Viral Virtual Wedding dengan Green Screen Besutan WO di Yogyakarta